Di dalam suatu persaingan bisnis perhotelan, harga kamar (room rate) merupakan unsur yang memegang pernanan. Konsumen cenderung memilih unit hotel dengan fasilitas mewah tetapi memiliki harga yang sesuai dengan kantongnya. Dalam kaitannya dengan masalah penentuan harga kamar hotel terdapat beberapa metode.

Metode apa saja yang bisa digunakan untuk menentukan harga kamar hotel? Metode yang bisa digunakan untuk menentukan harga kamar hotel yaitu :

1. Markup

Metode ini merupakan metode penetapan harga dengan cara menaikkan harga jual pada prosentase tertentu dengan tujuan untuk memperoleh laba /keuntungan yang maksimum.

Metode penentuan harga kamar hotel dengan cara markup ini biasanya digunakan pada masa-masa menjelang hari lebaran terutama di kota-kota tujuan pemudik seperti Yogyakarta, Surabaya, Jember, Semarang, dan Solo.

Metode markup ini tidak selamanya bisa dilakukan oleh pengelola hotel didalam menentukan harga kamarnya, karena bisa mempengaruhi tingkat occupancy unit hotel tersebut apabila penentuan harga dilakukan dengan metode markup secara continue. Pelajari juga Pentingnya Dynamic Room Rate

2. Going Rate Pricing (Penentuan harga berdasarkan harga pesaing)

Metode going rate pricing ini merupakan metode yang paling banyak digunakan untuk menetapkan harga kamar hotel. Pada metode going rate pricing atau penentuan harga berdasarkan harga pesaing, Divisi Sales & Marketing akan melakukan analisa pasar dengan cara mempelajari daftar hotel pesaing yang berada di satu wilayah.

Metode ini juga umum disebut sebagai Market Condition Approach. Pelajari lebih lengkap dalam artikel 5 Cara Memilih Competitor Set.

Dengan penetapan harga menggunakan metode ini, unit hotel akan bisa bersaing secara harga dengan unit hotel kompetitor untuk menggaet konsumen. Metode ini bisa digunakan untuk penentuan harga kamar bagi unit hotel yang akan membuka hotelnya dengan tujuan untuk masuk kedalam ceruk persaingan di pasar.

3. Perceived Value Pricing (berdasarkan persepsi konsumen)

Pada metode perceived value pricing ini unit hotel bisa menetapkan harga kamar mempertimbangkan tingkat kepuasan tamu terhadap pelayanan yang diberikan oleh unit hotel. Boleh jadi bila sebuah hotel menghadapi harga kompetitor yang lebih murah, unit hotel tersebut dapat melakukan perbaikan dan penambahan beberapa item yang dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

Sering kali ditemui seorang tamu hotel dengan suka rela bersedia membayar harga yang lebih tinggi untuk sebuah kamar yang sama dengan kamar yang ditawarkan oleh unit hotel kompetitor. Pelajari lebih lengkap dalam artikel Cara Menganalisa Value Proposition dan Mengenal Price-Value Matrix

4. Sealed-Bid Pricing

Metode sealed-bid pricing ini digunakan untuk menetapkan tarif kamar bagi tamu corporate seperti Instansi Pemerintahan, BUMN, dan Perusahaan Swasta . Metode sealed-bid pricing yaitu metode penentuan harga untuk keperluan tender sehingga unit hotel cenderung menentukan harga yang lebih rendah dibandingkan unit hotel kompetitor dengan maksud dapat memenangkan tender.

Selain itu, metode ini bisa digunakan untuk menetapkan harga untuk mengikat Tour Agent Offline, sehingga unit hotel mendapatkan tamu yang menggunakan jasa tour agent offline seperti Rombongan studi tour. Pelajari juga Pentingnya Market Segment di Hotel.

5. Hubart Formula

Harga hotel akan sangat berhubungan erat dan ditentukan berdasarkan beban biaya yang digunakan dalam memproduksi kamar, beban biaya tersebut meliputi: biaya tenaga kerja, biaya listrik, perawatan, administratif dan biaya lainnya.

Pada intinya: hotel bebas menerapkan kebijakan harganya yang perlu dicatat adalah hotel mampu membayar berbagai beban pengeluaran yang muncul atas pembelian kamar, sehingga pengembalian nilai investasi pembangunan hotel dapat dikembalikan. Pelajari juga artikel: Cara Menghitung Cost Per Occupied Room (CPOR) dan Revenue Per Available Room (RevPar)

Itulah beberapa metode penentuan harga yang bisa digunakan didalam menetapkan harga kamar hotel. Dengan menggunakan metode penentuan harga ini, divisi sales and marketing bisa meningkatkan tingkat occupancy hotel sesuai dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × three =