Kegiatan traveling saat ini hampir tidak bisa dilepaskan dari keberadaan perangkat mobile yang selalu menyertai rutinitas kegiatan sehari-hari. Lewat beragam aplikasi yang terpasang di smartphone, aktivitas traveling kini semakin mudah dengan berbagai macam fungsi yang memperkaya pengalaman perjalanan kita, mulai dari pengatur rencana perjalanan, pencarian rekomendasi tempat, navigasi peta, hingga fungsi yang sepele seperti penyimpanan uang logam hasil perjalanan.

Lewat artikel ini, dailyhotels Indonesia berniat membantu aktivitas traveling kamu dengan merekomendasikan sederet aplikasi mobile terbaik. Beragam aplikasi ini dapat membuat perjalananmu makin nyaman, baik itu perjalanan domestik ataupun internasional.

Aplikasi dalam daftar ini disusun berdasarkan kategori dan fungsionalitas masing-masing.Kamu bisa mempertimbangkan apa aplikasi sejenis yang kamu butuhkan pada smartphone milikmu.

Semoga bermanfaat, dan selamat menentukan perjalanan di saat libur panjang kamu di tahun ini!

Aplikasi pelengkap perjalanan
1. Packpoint

Ketika kamu hendak bepergian dan hendak memastikan tidak ada barang yang terlupa, kamu bisa menggunakan aplikasi pengelolaan barang bawaan, PackPoint. Dengan aplikasi asistensi personal ini, kamu dapat mengatur kelengkapan bawaan berdasarkan durasi perjalanan, cuaca di tempat tujuan, hingga jenis aktivitas yang direncanakan dalam perjalanan.

Demi mempermudah kegiatan traveling kamu, Packpoint menyediakan beberapa jenis opsi perjalanan, mulai dari perjalanan kasual, bisnis, formal, mendaki, dan sebagainya.

Setelah detail informasi kamu lengkapi, aplikasi ini akan langsung memberi arahan barang apa saja yang perlu dibawa.Kamu juga bisa membagikannya ke kerabat atau teman kamu yang turut bepergian bersama.

2. TripIt

Berawal dari aplikasi pencatat itinerary secara manual, TripIt kini menjelma menjadi aplikasi asistensi personal yang menawarkan penyusunan itinerary secara otomatis bagi kebutuhan pelancong.

Nantinya itinerary kamu akan diatur ke dalam jadwal khusus, lengkap dengan detail transportasi untuk memudahkan akomodasi perjalanan di lokasi tujuan secara maksimal.

Di samping itu, aplikasi ini juga dapat menyinkronkan itinerary perjalananmu dengan beragam aplikasi lainnya seperti Google Calendar dan email pemesanan tempat. Apabila terjadi pembatalan atau perubahan jadwal, kamu dapat mengeceknya langsung di aplikasi TripIt.

3. Expensify

Expensify merupakan aplikasi bisa membantumu mencatat total biaya perjalanan yang telah kamu lakukan secara mendetail. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu hanya perlu memindai setiap setruk pembayaran yang kamu lakukan di sepanjang perjalanan. Expensify akan mendata setiap setruk tersebut dan menghitung total pengeluaran yang tercantum dari seluruh nota pembayaran yang ada.

Dengan fitur yang ditawarkannya, Expensify tidak hanya memudahkan pencatatan nota dari perjalanan pribadi saja, tetapi juga membuat perjalanan bisnis jadi lebih tertata rapi.

Baca Juga  55+ Paket Buka Puasa All You Can Eat Jakarta Murah 2019 Jamin Enak

Online Travel Agency (OTA)

4. Skyscanner

Skyscanner adalah layanan online travel agency (OTA) yang memiliki jangkauan ketersediaan produk cukup luas, meliputi negara-negara Eropa hingga Asia seperti Korea Selatan, Jepang, dan India. Bingung mencari destinasi? Skyscanner dilengkapi fitur peta pemantauan negara untuk membantumu melihat penawaran tujuan negara yang sesuai dengan bujet perjalanan wisata masing-masing pengguna .

Kamu bahkan bisa menyaring hasil berdasarkan perbandingan harga tertinggi dan terendah, rekomendasi tanggal penerbangan termurah, serta penawaran terbaik di momen-momen tertentu.

Sama seperti layanan OTA lainnya, Skyscanner juga menyediakan pilihan booking hotel dan rental mobil dalam satu aplikasi. Bila kamu bepergian ke luar negeri, Skyscanner bisa menjadi pilihan kamu di samping layanan OTA sejenis yang dikelola startup dalam negeri.

5. Traveloka

Sebagai salah satu layanan OTA terpopuler Indonesia, Traveloka menghadirkan fungsi yang cukup beragam, mulai dari pilihan pemesanan tiket pesawat, hotel, tiket kereta api, hingga penawaran paket aktivitas dan rekreasi yang berguna bagi penjadwalan musim liburan kamu.

Untuk memaksimalkan pelayanan, Traveloka juga memberikan rekomendasi terpopuler berdasarkan referensi minat yang ingin kamu gali, mulai dari destinasi terbang, hotel terpopuler, paket perjalanan terlaris, dan sebagainya.

6. Pegipegi

Di samping Traveloka, PegiPegi yang merupakan layanan OTA bentukan tiga perusahaan asal Indonesia dan Jepang ini termasuk satu di antara sekian aplikasi yang populer digunakan di Indonesia. Aplikasi ini menawarkan berbagai kebutuhan traveling mulai dari tiket pesawat, akomodasi hotel, dan kereta api.

Untuk kebutuhan yang terakhir, pihak PegiPegi menggandeng Railink, perusahaan hasil kerja sama antara dua BUMN, yakni PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura.

Agar semakin membantu kebutuhan pengguna dari kalangan wisatawan, PegiPegi juga menyediakan konten berupa tip dan bacaan seputar destinasi menarik yang perlu kamu kunjungi di Indonesia.

7. Tiket.com

Di samping Traveloka, dan Pegipegi, Tiket.com juga menghadirkan aplikasi layanan OTA yang cukup komprehensif. Layanan ini memiliki aplikasi mobile di iOS dan di Android.

Tidak hanya menyediakan pembelian tiket pesawat, kereta api, dan pemesanan kamar hotel, layanan OTA milik situs e-commerce Blibli ini juga menawarkan penyewaan mobil bagi wisatawan yang ingin menikmati pengalaman mengemudi di tujuan kota destinasi mereka.

Di samping kebutuhan yang lazim kita jumpai di layanan OTA, Tiket.com juga menyediakan fitur pembelian tiket acara hiburan mulai dari konser musik, event lokal, hingga tempat-tempat wisata yang terdapat di beberapa kota Indonesia.

Baca Juga  Wisata Imlek Murah, Nomor 6 Bisa Dapat Bonus Jodoh

Akomodasi tempat tinggal

8. Airbnb

Penginapan termurah biasa menjadi sasaran utama pelancong luar negeri, terutama bagi backpacker. Bila kamu termasuk wisatawan dalam kategori ini, maka Airbnb bisa menjadi pilihan utama. Banyak pilihan tempat tinggal yang bisa kamu jadikan sebagai lokasi homestay di kota atau negara tujuan.

Berbagai macam tipe penginapan bisa kamu temukan di Airbnb, mulai dari apartemen, rumah tinggal, hingga kamar sewa dengan harga miring. Layanan ini layak jadi pilihan utama buat kamu yang mendambakan pengalaman unik di negara atau kota lain.

9. Zenrooms

Hadir sebagai salah satu layanan milik Rocket Internet, Zenrooms menawarkan layanan hotel bagi kalangan budget traveler. Untuk memberikan kenyamanan layaknya hotel berbintang lima, Zenrooms menjanjikan jaringan kamar sewa yang bersih, lengkap dengan jaringan internet nirkabel, AC, serta kamar mandi di dalam ruangan.

Di Indonesia sendiri, kehadiran Zenrooms sudah bisa ditemukan di kota-kota seperti Jakarta, Bali, Bandung, Yogyakarta, Bogor, Surabaya, Batam, Lombok, Makassar, dan Malang. Sedangkan untuk negara lainnya, Zenrooms tersedia di Singapura, Thailand, Filipina, Brazil, Hong Kong, dan Srilanka.

10. Airy Room


Sama seperti Zenrooms, Airy Room menawarkan layanan hotel kelas bujet dengan standar fasilitas yang lazim kita jumpai di hotel berbintang, meliputi akses internet gratis, TV layar datar, air hangat, AC, tempat tidur yang bersih dan nyaman, serta perlengkapan mandi dan air mineral gratis.

Meski baru berdiri sejak tahun 2015, Airy Rooms kini menghadirkan lebih dari 5.000 kamar hotel yang tersebar di 33 kota di Indonesia. Tidak hanya membatasi diri mereka sebagai jaringan agregasi kamar hotel murah saja, Airy Room juga menyediakan layanan penjualan tiket pesawat murah lewat platform yang mereka punya.

11. RedDoorz

Layanan agregasi hotel kelas bujet lainnya yang bisa kamu temukan dalam daftar ini adalah RedDoorz. Sama seperti layanan sejenis lainnya, RedDoorz menyediakan akomodasi hotel murah dengan fasilitas yang nyaman, mulai dari fasilitas internet, air mineral, TV satelit, perlengkapan mandi, hingga kain selimut linen kepada para pelanggan mereka.

Para wisatawan juga bisa mendapatkan potongan harga lebih murah lewat penggunaan RedCash points yang bisa diperoleh lewat pemesanan baik melalui situs web maupun aplikasi mobile RedDoorz.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − nineteen =