Wisata Alam Sumba

1. Danau Weekuri

Salah satu destinasi wisata yang memiliki daya tarik tinggi dan pesona yang diunggulkan di Sumba yaitu Danau Weekuri. Danau Weekuri adalah satu-satunya danau dengan air asin di Indonesia. Warna airnya yang kehijauan dan bening ini berada di kawasan Kodi Utara. Danau ini dikelilingi oleh batu karang.

Danau Weekuri di Sumba
photo by instagram/@cece_chaann

Segar dan beningnya air disini akan menarik kalian mengambil kaca mata snorkel. Kenakanlah dan kalian bisa datang di pagi hari untuk menikmati siraman sinar matahari yang menembus hingga ke dasar danau.  

danau weekuri destinasi wisata sumba
photo by instagram/@zindan_habsyi

2. Bukit Wairinding

Bukit cantik dengan latar yang sangat luas ini berlokasi di Desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai. Dari Sumba Timur memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk sampai disini. Lanskap perbukitan yang sangat indah  menggambarkan bahwa alam Indonesia selalu berhasil memberikan kepuasan bagi pengunjungnya.

bukit warinding destinasi wisata di sumba
photo by instagram/@kadekarini

Hamparan padang savana yang luas akan berwarna kuning saat musim kemarau dan berwarna hijau di musim hujan. Nuansa yang berbeda bisa kalian rasakan saat datang diwaktu yang berbeda namun tetap pemandangan eksotis yang membius raga.

 

Wisata Budaya Sumba

3. Desat Adat Rende

Kain tenun dengan motif binatang mulai dari kuda, ular naga, kura-kura, hingga buaya dapat dibuat oleh warga desa Rende. Pewarna alami digunakan dalam pembuatan kain tenun di desa adat Rende ini. Aksen rumah adat yang masih natural menjadi daya tarik tersendiri ketika berkunjung ke Desa Adat Rende.

desa wisata sumba kampung adat rende
photo by instagram/@miraaveiro

4. Desa Ratenggaro

Desa Ratenggaro merupakan salah satu desa dimana kalian bisa menemukan rumah tradisional di Sumba. Rumah tradisional di Desa Ratenggaro ini memiliki keunikan dengan atap yang setinggi 25 meter. Atap tinggi ini dibuat untuk menghormati roh leluhur, hal ini sesuai dengan kepercayaan Marapu yang mereka anut.

Penyambutan tarian khas Sumba oleh remaja wanita Desa Ratenggaro
photo by indonesiakaya

Selain itu kalian bisa menemukan pantai tersembunyi. Terletak di Sumba barat daya dengan air jernih serta ombak besar dengan gulungan yang panjang bisa digunakan untuk berselancar.

 

5. Rumah Budaya (Sumba Cultural Research and Conservation Institute)

Rumah Budaya ini terkenal di kalangan para turis dan mereka yang memang tertarik mengenal budaya Sumba. Dibuka sejak 22 Oktober 2011 sering menjadi tempat pementasan seni, diskusi budaya serta oleh-oleh khas Pulau Sumba.

rumah budaya sumba
photo instagram/@taniaanada

Bertempat di Waitabula dan memiliki 500 artefak lebih dari seluruh pulau. Pajangan foto-foto kuno dan kalian bisa tahu bagaimana batu nisan diukir. Di Rumah Budaya ini juga menyediakan akomodasi, paket wisata serta pilihan transportasi.

 

Baca Juga  Inilah 9 Potret The Mulia Resort Bali Tempat Digelarnya Crazy Rich Surabayan Menikah

Wisata Air Terjun Sumba

6. Air Terjun Waimarang

Salah satu pesona air terjun yang khas dan menyegarkan mata ada di Sumba. Dengan kolam pemandian alami air terjun ini memiliki daya tarik tersendiri. Suasana santai dan menenangkan. Warna airnya jernih dan hijau tosca apalagi dengan pantulan warna alam disekitarnya. Sensasi dinding batu yang mengelilinginya dan pepohonan rindang semakin menguatkan pesona alamnya.

Destinasi wisata sumba Air Terjun Waimarang
photo by instagram/@zindan_habsyi

Karna lokasinya yang tersembunyi kalian harus meminta petunjuk arah warga setempat. Jalan menuju air terjun ini tidak ada penanda dan butuh menaiki bukit yang curam.

 

7. Air Terjun Matayangu

Air terjun unik dengan tinggi hingga 75 meter ini memiliki caranya sendiri menampilkan keindahannya. Keunikannya dengan memancarkan air melalui celah dinding tebing. Matayangu artinya “berhenti di sini” dalam bahasa setempat. Nama ini berasal dari kepercayaan tradisional penduduk dimana roh para leluhur Marapu menetap di sini.

Air Terjun Matayangu destinasi sumba
photo by instagram/@upikmnr

Di air terjun ini terdapat gua kecil yang hanya bisa dilihat saat musim kemarau. Saat musim kemarau air akan turun dan gua kecilnya akan terlihat. Lokasi dari air terjun ini masuk dalam Taman Nasional Manupeu Tanah Daru.

 

8. Air Terjun Tanggedu

air terjun tanggedu sumba
photo by instagram/@_anakkecil

Air terjun dengan bebatuan seperti ngari dengan aliran air jernih dan sejuk yang dikelilingi oleh alam yang asri. Untuk mencapai air terjun ini kalian akan melewati desa tradisional Mondo dan Prainatang. Lokasi yang jauh yang dilewati akan terbayar lunas saat kalian sampai di lokasi air terjun. Bebatuan yang menyerupai relief ini semakin membuat cantik air terjun Tanggedu.

Air Terjun Tanggedu sumba destinasi wisata
photo by instagram/@where.is.gio

9. Air Terjun Koalat

Destinasi ini terletak di Desa Maidang, Kecamatan Tabundung dengan jarak 70 km dari Waingapu. Untuk menuju ke air terjun ini butuh menyebrangi aliran sungai. Bentuk kolam-kolam di sini sangat cantik yang akhirnya membentuk jacuzzi alami.

air terjun koalat jacuzzi wisata sumba
photo by instagram/@ersyarwd

10. Air Terjun Kanabu Wai

Obyek destinasi wisata yang terletak di Desa Waikanabu, Kecamatan Tabundung terletak di 130 km dari Waingapu. Jalur paling dekat adalah melalui Desa Mahaniwa Kecamatan Pinupahar. Kalian perlu berjalan melewati hutan selama 4 jam dengan bermacam-macam flora dan fauna.

air terjun kanabu wai
by instagram/@arifson_maruli

Kanabu Wai dalam bahasa Sumba artinya air terjun. Pemandangan yang luar biasa indah ini memang hanya bisa diakses bagi kalian yang suka dengan hal petualangan.

 

Wisata Pantai Sumba

11. Pantai Mangrove Walakiri

Salah satu pantai indah yang berada di Sumba Timur ini memiliki ciri khas yang tenang, landai serta pasir putihnya. Hanya 30 menit perjalanan dari pusat kota Waingapu.

destinasi wisata di sumba pantai mangrove walakiri
photo by instagram/@eryradixa

Pantai Mangrove Walakiri ini memiliki pasir putih yang dikombinasikan dengan pohon kelapa serta pohon bakau kerdil yang unik-unik.

Apalagi setelah film Pendekar Tongkat Emas yang di produseri Mira Lesmana semakin banyak yang mengunjunginya.

wisata sumba walakiri beach
photo by instagram/@ochietobing

Salah satu spot paling asyik di Sumba untuk menikmati spot Sunset. Tampilan pohon bakaunya yang berkelok menambah keindahan sunset di Pantai Mangrove Walakiri Sumba ini.

destinasi wisata pantai walakiri ntt
photo by mysumba

12. Pantai Watu Parunu

Keindahan yang menjanjikan dari Pantai Watuparunu ini bisa dilihat dari keberadaan Tebing Batu Putih. Air biru yang jernih dengan pasir putih lembut kombinasi yang pas bagi sebuah pantai idaman. Selain itu berjejer pohon kelapa yang berbaris rapi di pantai.

wisata destinasi wisata pantai watu parunu
photo by instagram/@_deradjad

Pantai ini termasuk masih sedikit diketahui para wisatawan. Kalian mungkin bisa melihat beberapa nelayan yang membawa hasil tangkapannya.

 

Baca Juga  8 Surga Alam Indonesia yang Indahnya Sudah Diakui Dunia

13. Pantai Bawana

Pernah melihat deretan tebing di pinggir pantai yang berpasir putih? Bentuk tebing yang unik dan ada yang membentuk seperti pintu gerbang.

pantai bawana sumba destinasi wisata
photo by instagram/@nursalimrakesh

Lubang-lubang di batu karang ini berdiri kokoh dan akan sangat menarik menjadi objek foto. Kalian bisa datang kesini saat sore hari karna saat sunset pemandangan akan menjadi dramatis. Pantai ini bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dari bandara Tambolaka.

pantai bawana sumba
photo by instagram/@mrizag

14. Nihiwatu Resort

Pernah menginap membayangkan menginap resort mewah di tepi pantai? Di Sumba terdapat salah satu surga tersembunyi yang bisa didatangi oleh para wisatawan. Surga tersebut adalah Nihiwatu Beach. Pantai Nihiwatu ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik di Asia.

destinasi wisata di sumba pantai nihiwatu
photo by by vebma

Tentu saja salah satu pantai terbaik di Sumba ini memiliki pasir yang bersih dan air laut yang jernih. Uniknya di bibir pantai ini ada batu-batu besar yang indah dan menjadi aksesoris alami.

wisata pantai di sumba pantai nihiwatu
photo by vebma

Bagi para peselancar Pantai Nihiwatu merupakan surga karna ombaknya menjadi favorit peselancar. Selain itu bagi penikmat diving dan snorkeling kalian wajib datang ke Pantai Nihiwatu.

Seperti pertanyaan di awal, apakah kalian pernah membayangkan menginap di resort mewah tepi pantai? Di Pantai Nihiwatu ini sudah ada Resort dengan standart Internasional.

nihiwatu resort sumba indonesia

Dan tahukah kalian ketika berlibur ke Nihiwatu Resort kalian bisa memberi dampak dan berkontribusi pada masyarakat sekitar?

must-see-places nihiwatu resort sumba

Nihiwatu Resort mendirikan The Sumba Foundation yang memiliki komitmen memberikan support kemanusiaan bagi masyarakat setempat. Beberapa hal yang didukung adalah proyek-proyek yang berbasis pedesaan seperti bidang kesehatan, pendidikan, air dan pendapatan ekonomi. Hal ini dilakukan untuk kelestarian budaya masyarakat Sumba.

Jadi kapan kamu ke Sumba?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 + 7 =