Mungkin kalian sudah sering sekali mendengar cerita mengenai keindahan pulau Bali. Pantai Kuta, Ubud, Pura Tanah Lot dan masih banyak lainnya. Tapi tahukah kalian mengenai pulau-pulau kecil di sekeliling pulau Bali?

Masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai pulau-pulau ini. Jadi, kalau kalian ingin melarikan diri sejenak dari keramaian di Bali, inilah pulau yang bisa kalian kunjungi!

Nusa Lembongan

Di Nusa Lembongan ini kalian bisa bersantai, karena suasananya yang sepi dan nyaman. Di pulau ini tidak ada yang namanya macet, karna hanya sedikit motor di jalan. Pada umumnya penduduk di sana berkeliling dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Disini kalian bisa menikmati pemandangan pantai-pantai dengan air laut yang jernih. Pantai yang bisa kalian kunjungi yaitu pantai-pantai seperti Pantai Tanjung Sanghyang, Dream Beach, Selagimpak, Lebaoh (pantai pusat rumput laut).

dream beach nusa lembongan
Dream Beach Nusa Lembongan photo by backpackerjakarta.com

Jika ingin menikmati pantai tanpa air laut yang asin kalian bisa menikmati infinity pool di Dream Beach Huts, sebuah resort tepi pantai yang berlokasi di Dream Beach.

Selain itu kalian bisa berpetualang menyusuri hutan bakau dengan kapal kecil ditemani pemandu.

nusa lembongan
photo by pesonamangrove.com

Masih banyak tempat menarik yang bisa kalian datangi seperti gua alam dan buatan yang unik, rumah bawah tanah, Gala-gala, Goa Sarang Walet Batu Melawang serta menikmati sunset di Kolong Pandan Sunset Park atau pun di Sandy Bay.

island guide nusa lembongan nusa ceningan sunset
Sandy Bay photo by saltinourhair.com

Nusa Ceningan

Untuk menuju Nusa Ceningan kalian bisa melewati jembatan dari Nusa Lembongan. Saat menyeberang, cobalah sebentar untuk berhenti dan mengambil foto, sangat Instagram worthy!

Pulau dengan ombak yang baik untuk berselancar yang terletak di sebelah tenggara Pulau Bali ini sebaiknya tidak kalian lewatkan. Kalian bisa melihat birunya lautan dengan pemandangan karang yang indah di Blue Lagoon.

BLUE LAGOON CLIFF JUMP IN NUSA CENINGAN
Blue Lagoon photo by journeyera.com

Jika kalian ingin merasakan sensasi melompat ke laut dari tebing kalian bisa menuju Mahana Point Cliff Jump. Mahana Point merupakan sebuah bar kecil yang berlokasi di puncak tebing di Nusa Ceningan.

mahana point nusa ceningan
Mahana Point photo by journeyera.com

Kalau kalian masih ragu untuk melakukannya, tak ada salahnya untuk menikmati satu dua gelas minuman di bar sambil menikmati pemandangan.

Di Nusa Ceningan ini terdapat banyak pura, di ujung paling timur terdapat Pura Batu Banglas/Goa Raja, di sebelah utara Pura Bakung, Sebelah Selatan Pura Dalem Buhu, di sebelah barat Pura Batumelawang dan di tengah adalah Pura Tri Adi Sakti.

 

Nusa Penida

Kalian ingin menikmati pantai yang masih asri dan alami? Di Nusa Penida ini terdapat banyak keindahan yang jarang tersentuh, apalagi dieksplor.

Di Nusa Penida kalian akan menemukan banyak jenis burung, ya Nusa Penida adalah surga bagi banyak jenis burung termasuk beberapa jenis burung yang hampir punah.

Bila kalian ke Nusa Penida, kalian harus mengunjungi Goa Giri Putri di Desa Pakraman. Gua ini disakralkan sebagai tempat suci bagi salah satu Dewa Hindu, yaitu Shiva.

pura goa giri putri nusa penida
photo by nusapenidatripnow.com

Seperti banyak wisata gua di Indonesia, di sini kalian akan melihat stalaktit serta susunan batu kapur yang indah dan juga eksotis membuatmu terpana.

Kebanyakan orang mengunjungi Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida untuk satu alasan: keindahan bawah laut yang tiada duanya.

Manta Ray Point Penida Island
Manta Point photo by nicetourbali.com

Bagi kalian pencinta diving dan snorkeling atau hanya sekedar ingin menikmati wisata air cobalah di 3 pulau yang jadi favorit ini, terutama di Manta Point dan Crystal Bay.

Nusa Penida mungkin cuma pulau kecil dibandingkan tempat-tempat lain di dunia, tapi ada banyak keajaiban alam di tempat ini. Berenang di kolam alami Angel’s Billabong serta mengunjungi laut ‘rusak’ di Pasih Uwug tidak boleh kalian lewatkan.

Angels Billabong wisata di bali
photo by kamabtara

Pulau Menjangan

Baca Juga  Kini Sahid Hotels & Resorts Ekspansi ke Destinasi Wisata Utama

Pulau Menjangan yang terletak di barat laut Pulau Bali ini layak untuk kalian kunjungi loh. Di Pulau Menjangan ini kalian bisa menemukan kijang karna pulau ini adalah tempat di mana kijang bersemanyam setiap musim semi.

Menjangan yang menjadi ciri khas Pulau Menjangan
photo by anekatempatwisata.com

Merekalah yang akan menemani liburanmu di pulau tak berpenghuni ini. Menjangan merupakan bahasa Jawa yang artinya Kijang. Tapi tidak cuma kijang, kalian juga bisa berburu foto untuk keindahan Burung Jalak Bali di Pulau Menjangan ini.

Saat ini, Pulau Menjangan telah menjadi tempat konservasi satwa yang dikelola oleh Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Menikmati cerahnya hari di Pulau Menjangan
photo by anekatempatwisata.com

Pulau Menjangan ini lokasinya agak terpencil sehingga membuat pulau ini seakan tersembunyi dari para wisatawan. Kondisi koral di bawah laut Pulau Menjangan ini cukup terjaga dengan baik dan jadi tempat tinggal bagi lebih dari 226 jenis ikan.

menjangan island bali

Karang bawah laut yang alami, arus laut yang tenang serta kedalaman air yang proporsional, banyak para penikmat diving pergi ke Pulau Menjangan.

Saat ini sudah ada 8 spot yang bisa kalian jadikan lokasi untuk diving. Eel Garden, Coral Garden, Pos I, Pos II, Anchor Wreck, Secret Bay, Temple Point, dan Bat Cave. Bagi diver profesional, Anchor Wreck menjadi lokasi favorit.

Menjangan Coral Garden by Ferdi de Gier
Menjangan Coral Garden by Ferdi de Gier

Di salah satu spot diving kalian bisa menemukan sebuah bangkai kapal yang telah karam puluhan tahun di kedalaman kurang lebih 45 meter.

Dari berbagai keindahan yang sudah kalian bayangkan, jadi kapan kalian mau kesana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × one =