Kesadaran dalam melakukan penghijauan sangatlah penting untuk ditanamkan sejak dini kepada masyarakat sekitar. Tak pelak, hotel berbintang 4 yang terletak di Jl. Raya Darmo, yaitu Mercure Grand Mirama Surabaya, menggelar aksi berbagi bibit tanamanan Toga (TOGA) dengan mengajak serta siswa-siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 8 Surabaya untuk berpartisipasi.

Hotel yang selalu ramai dengan segmen bisnis ini tidak menutup mata akan pentingnya penghijauan kembali di area kota.

“Kami sengaja mengajak siswa-siswa SD karena kami ingin berbagi betapa pentingnya penghijauan.

Mengapa kami mengajak siswa SD, bukan SMP atau SMA yang mungkin lebih bisa dan mengerti inti pembicaraan? Karena kami ingin menimbulkan kesadaran untuk menanam kembali dari sejak diri,” ujar Maya Puspita yang menjabat sebagai marketing communication.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 4 April 2018 ini tak hanya memberikan materi mengenai TOGA tetapi juga ilmu perhotelan. Melalui hotel tour, anak-anak SD Muhammadiyah 8 Surabaya diberikan informasi dan bekal seputar perhotelan di mana pada sesi akhir hotel tour anak-anak tersebut harus menceritakan kembali kisah dari pengalaman berkeliling tersebut.

Tidak hanya secara pengetahuan tersebut saja, hotel berbintang 4 itu juga memaparkan program apa saja yang telah mereka lakukan.

Sebagai contoh adalah program anak asuh dimana manajemen hotel memberikan support kepada anak yang kurang mampu dengan cara membantu pembiayaan sekolah dari jenjang SD sampai SMA.

Baca Juga :  Peduli, Aston Denpasar Gelar CSR untuk Pengungsi Gunung Agung

Seusai pematerian hotel, anak-anak SD Muhammadiyah langsung diarahkan untuk mendapatkan pengetahuan lebih lanjut mengenai tanaman TOGA. Salah satu isi materinya adalah mengenai manfaat dari tanaman TOGA itu sendiri.

“Seperti jahe merah nih adik-adik, manfaatnya untuk menjaga fungsi jantung dan juga mabuk perjalanan. Atau tumbuhan kumis kucing ini. Bisa loh untuk menyembuhkan batuk, masuk angin, rematik dan lain sebagainya,” ucap Treti Christina selaku talent & culture manager kepada siswa-siswa tersebut ketika memberikan materi tanaman TOGA.

Agar lebih jelas dan mudah untuk memahami tanaman TOGA, tim dari hotel menyiapkan langsung bibit-bibit tanaman tersebut untuk dapat dilihat. Beberapa di antaranya adalah Jahe Putih, Jahe Merah, Kumis Kucing, dan Tapak Leman yang sudah disiapkan di halaman belakang Trimurti Restaurant.

Pengetahuan Umum tentang Secret Garden Hotel. foto oleh Mercure Grand Mirama Surabaya
Treti Christina ajak anak SD pelajari TOGA. Salah satunya adalah Jahe Merah. foto oleh Mercure Grand Mirama Surabaya

Sesi terakhirpun diisi dengan pembacaan rangkuman cerita oleh Anak SD yang sudah didapat dari Hotel Tour dan juga Tanaman.

“Ternyata banyak yah manfaatnya. Tadi tuh ada yang namanya genset yah kak yang buat bantu menghidupkan pas listrik mati. Ternyata penting ya kak untuk menanam tanaman.

Senang sekali bisa diundang ke hotel untuk belajar bersama,” ujar Najela sebagai salah satu siswa dari SD Muhammadiyah 8 Surabaya. Keriuhan acarapun ditutup dengan membagikan semua tanaman TOGA ke 40 Murid SD tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 9 =