21 April selalu menjadi momen yang istimewa di Indonesia. Dikenal sebagai hari Kartini, masyarakat di sini merayakannya sebagai hari emansipasi wanita untuk mengingatkan bahwa wanita memiliki derajat dan kemampuan yang setara dengan pria.

Pada hari Kartini tersebut banyak bentuk perayaan yang diselenggarakan oleh masyarakat. Ada yang membuat perlombaan dengan mengadakan kontes menyanyi, ada pula yang mengadakan talkshow membicarakan bagaimana sebaiknya wanita Indonesia hidup di dunia yang modern ini. Untuk Verwood Hotel & Serviced Residence sendiri, mereka merayakannya dengan cara menjamu para driver wanita Go-Jek yang kesehariannya berada di jalan raya.

Dirayakan sehari sebelum perayaan resminya, yaitu pada Jumat lalu (20/4), Verwood mengajak 20 ibu-ibu pelaku Go-Jek untuk bersenang-senang di sana. 20 peserta itu merupakan para driver terbaik yang performa bagus selama bekerja. Mereka diberikan penghargaan dengan cara mengikuti acara Verwood Hotel ini.

Setidaknya ada dua sesi acara di dalam event yang mengusung tema “Kiprah Kartini di Era Digital” itu. Yang pertama adalah sesi cooking demo. Dimulai pukul satu siang di ruang meeting Bromo, 20 pengemudi Go-Jek di sana diajarkan bagaimana cara membuat sushi ala Verwood Hotel di mana mereka langsung menerima materi dari para chef. Mulai dari pengertian sushi hingga teknik menggulungnya.

Hasil kreasi masakan tersebut lalu dikonteskan untuk mencari siapakah peserta yang mampu menghidangkan sushi dengan tampilan paling menawan. Mereka yang menang mendapatkan hadiah spesial dari Verwood Hotel.

Umumnya penilaian masakan dilakukan berdasarkan rasa masakannya. Namun, menurut para juri rasa masakan para peserta tidaklah berbeda karena memiliki bahan yang sama sehingga penilaian hanya dapat dilihat dari cara penyajiannya saja. Untungnya kontes itu bukanlah kontes memasak seperti MasterChef sehingga tidak ada ketegangan di dalamnnya. Malahan suasana penjurian dipenuhi canda dan tawa.

Di sesi berikutnya para driver mendapatkan materi make-up dari Oriflame. Ibu-ibu tersebut langsung mendapatkan beberapa peralatan make-up Oriflame secara cuma-cuma dan mereka diarahkan pula untuk cara penggunaannya. Terlihat adapun beberapa ibu yang heboh karena ada yang tak mau di make-up oleh kawannya.

para ibu gojek mendapat pelatihan make up
Pelatihan Make Up untuk ibu-ibu Gojek. Foto oleh Faisal Dailyhotels

Penyelenggaraan Hari Kartini oleh Verwood Hotel jelas sangat berbeda dengan konsep penyelenggara yang lain. Pada umumnya acara di hari Kartini diselenggarakan dalam bentuk kontes di mana para pesertanya menganggap hal itu sebagai ajang untuk bersaing. Akan tetapi di hotel yang dulunya dikenal sebagai Hotel Somerset Surabaya ini hari Kartini malahan terkesan lebih sebagai acara sosial.

Hal itu benar adanya. Endy Rizki Putri selaku assistant marketing communications manager Verwood Hotel menjelaskan bahwa sesungguhnya acara ini diselenggarakan guna menjamu para ibu-ibu Go-Jek tersebut yang telah berjuang keras di jalan raya Surabaya yang terik setiap saat.

ibu-ibu gojek berkompetisi make up di verwood hotel surabaya
Keseruan dan hebohnya ibu-ibu Gojek saat Make Up. Foto oleh Faisal Dailyhotels

“Kita pengin ada satu hari untuk memanjakan, membekali ilmu kepada driver-driver wanita yang sudah lelah di jalanan. Kita kasih cooking demo supaya bisa belajar masak yang mungkin nantinya bisa digunakan untuk membuka usaha kuliner sendiri.”

“Terus kita juga pengin memanjakan dari segi kecantikan. Ibu-ibu ini pasti lelah di jalan kan. Nah kita pengin memanjankan mereka lewat kerjasama Oriflame ini. Harapan kita dari acara ini adalah ibu-ibu ini bisa tetap pada jati dirinya sebagai seorang wanita walaupun menghabiskan waktunya berada di jalan,” ujar Rizki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − 20 =