Hai calon ibu, bagaimana kabar anda dan buah hati? Turut berbahagia ya atas berita anda dan buah hati yang sehat. Tapi meskipun gembira di satu sisi anda juga pasti merasakan sulitnya bangun di pagi hari atau kurang nyaman sepanjang hari. Atau kadang-kadang merasa pusing dan ingin rasanya berbaring seharian karna tubuh yang lemas.

Tenang saja, itu biasa terjadi dan wajar. Hal ini terjadi karna di masa kehamilan tubuh anda pasti merasakan perubahan yang drastic, baik fisik dan hormonal serta emosional. Di saat seperti ini mungkin anda bisa mencoba ikut berlatih prenatal yoga.

Apa itu prenatal yoga?

Prenatal yoga tidak jauh beda dengan yoga yang biasanya kita kenal, penyatuan aktivitas fisik, pikiran dan jiwa supaya mencapai keselarasan, kekuatan dan kesadaran.

Yoga hamil atau prenatal yoga khusus bagi mereka calon ibu hamil. Jenis yoga ini bisa membantu calon ibu secara fisik dan mental. Latihan yang diberikan itu fokus pada pernapasan, latihan di area pinggul dan untuk mengembalikan energi di kala lelah. Manfaatnya jika berlatih rutin anda akan merasa lebih kuat dalam beraktivitas saat kehamilan dan bermanfaat bagi jabang bayi.

Apa saja manfaatnya?

Yang pasti adalah membantu tubuh tetap sehat, kuat dan aktif. Pada masa 9 bulan tubuh anda akan membawa beban yang berat karna pertumbuhan bayi. Maka dari itu prenatal yoga akan membuat anda sehat dan kuat, serta membuat anda rileks selama masa kehamilan.

Kemudian dengan teknik pernapasan akan memberikan efek yang baik bagi tubuh dan mental. Hal ini disebabkan perubahan hormon yang terjadi, dengan bernapas lebih baik anda bisa mengontrol emosi selama kehamilan.

Selain itu dengan meningkatkan kualitas pernapasan anda dapat memaksimalkan asupan oksigen bagi sang jabang bayi. Begitu juga pada masa kontraksi anda bisa mengontrol rasa sakit.

Kemudian jika anda sering sakit pinggang dimana ini adalah masalah umum bagi ibu hamil, gerakan prenatal yoga akan membantu sirkulasi tubuh dan keseimbangan tubuh.

Kapan sebaiknya memulai prenatal yoga?

Anda bisa berlatih prenatal yoga sejak awal anda hamil lho, namun sebaiknya anda bisa berkonsultasi dengan dokter anda. Biasanya dokter akan memberikan saran untuk mulai berolahraga saat usia kehamilan diatas 12 minggu. Hal ini supaya anda tidak lagi merasakan morning sickness.

Dimana sebaiknya berlatih prenatal yoga?

Di studio maupun di rumah sama baiknya untuk berlatih. Tapi untuk pertama kali sebaiknya anda bisa ikut ke studio yoga supaya bisa mengenali gerakan-gerakan yoga dan instruksi yang tepat dari instruktur.

Nah untuk anda yang di Surabaya, dan sedang memasuki trimester ke 2 dan ke 3, Hotel Gunawangsa MERR mengadakan Pool Side Prenatal Yoga. Anda bisa berlatih dan belajar gerakan apa saja yang boleh dilakukan dan aman untuk yoga pada masa kehamilan.

pool side prenatal yoga gunawangsa merr surabaya
Pool side prenatal yoga Gunawangsa Merr Surabaya

Kegiatan ini diadakan pada hari Minggu, 26 Agustus 2018. Dan kegiatan ini gratis lho bagi 20 orang pertama.

“Karena melahirkan itu perlu persiapan. Tidak ada yg instant dalam keberhasilan termasuk persalinan nyaman aman dan lembut”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 1 =