Keseruan bulan Agustus di tahun 2018 ini terasa begitu istimewa, selain belum lepas dari euforia kemerdekaan Republik Indonesia, juga semangat berjuang dari kemeriahan gelaran Asian Games 2018.

Nampaknya nuansa semangat tersebut tak hanya dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Java Paragon Hotel & Residences, sebagai salah satu hotel bintang 4 di Surabaya Barat ini pun dalam menyambut kemeriahan rangkaian peringatan ulang tahunnya yang ke-10 kembali menggelar kegiatan seru.

Di peringatan ulang tahunnya yang ke-10 ini, Java Paragon ingin meningkatkan hubungan kebersamaan antara Java Paragon dengan sejumlah media yang telah memberikan kontribusi kepada Java Paragon.

Karena tak bisa dipungkiri, bagi Java Paragon, media atau jurnalis selama 10 tahun telah membantu menyampaikan segala informasi kepada masyarakat Surabaya bahkan Indonesia.

Dalam meningkatkan hubungan kebersamaan tersebut, pada peringatan ulang tahun ke-10 ini diadakan acara Fun Cooking Competition yang dilaksanakan di Avenue Lounge Bar.

Di umurnya yang ke 10 tahun di tahun 2018 ini, acara dengan tema “let’s make sushi” ini dihadiri 10 jurnalis yang mewakili 10 media yang berbeda, mulai dari media cetak, elektronik, dan online sebagai peserta.

Berbagai jenis sushi yang akan dibuat dalam fun cooking with Java Paragon
Berbagai jenis sushi yang akan dibuat dalam fun cooking with Java Paragon

Dalam kompetisi ini, satu tim terdiri dari satu orang perwakilan media dan satu orang manajer hotel yang mewakili beragam departemen yang ada di hotel. Mulai dari House Keeping, Front Office, Sales Marketing, Engineering bahkan sampai General Manager juga ikut serta.

Meskipun kompetisi dengan tema let’s make sushi, namun konsepnya sengaja dibuat sederhana. Karena tujuannya untuk lebih mendekatkan jurnalis dengan tim hotel yang selama ini telah bekerjasama untuk memberitakan tentang Java Paragon Hotel & Residences.

“Sengaja bukan kompetisi memasak yang berat, kita buat ringan dan sederhana, namun inti dari acaranya adalah untuk lebih mendekatkan dan mengenal antara teman – teman jurnalis dan manajemen Java Paragon,” ujar Rendy Eka Saputra, PR Manager Java Paragon Hotel & Residences.

Konsep kompetisi ini adalah peserta harus membuat sushi dengan bahan dan peralatan yang telah disiapkan sebelumnya oleh Java Paragon.

Sebagai permulaan, Executive Chef Java Paragon, Latief, memberikan demo untuk membuat sushi yang ditujukan untuk peserta. Mulai dari bahan yang dibutuhkan, alat yang digunakan, hingga teknik yang diperlukan dalam pembuatan sushi.

Chef Latief memberikan demo empat hidangan, yaitu California Roll, Capamaki, Tuna Nigiri, dan onigiri yang nantinya harus diikuti oleh peserta sebagai hidangan yang dikompetisikan.

Diawali dengan menu California Roll, mungkin hidangan ini menjadi yang paling sulit diantara tiga hidangan lainnya. Selain jumlah bahan yang digunakan paling banyak, ada nasi, nori, timun, daging kepiting, dan buah alpukat yang perlu dipotong sedemikian rupa sehingga muat dibalut dengan nori dan nasi.

memotong california roll sushi
memotong california roll sushi

Pada hidangan kedua, hidangan tuna nigiri dibuat. Dengan menggunakan teknik dua dan tiga jari untuk membentuk hidangan.

Dilanjutkan dengan hidangan capamaki. Dari segi tekniknya hampir sama dengan California Roll, hanya saja isinya cukup timun, dan bagian luarnya adalah nori, tidak seperti california roll yang lapisan luarnya adalah nasi.

Dan pada hidangan akhir adalah onigiri. Pada hidangan yang sering kita jumpai di anime-anime jepang ini cara membuatnya gampang-gampang susah. Karena perlu membentu adonannya hingga menjadi segitiga.

teknik membentuk onigiri menjadi segitiga
teknik membentuk onigiri menjadi segitiga

Dalam pembuatan sushi ini memang cukup mengikuti Chef Latief, namun peserta diberikan kebebasan untuk membuat presentasi hidangannya. Karena kreasi peserta menjadi penilaian pada kompetisi ini. Selain itu kebersihan juga menjadi penilaian.

Keseruan pun terlihat. Masing-masing tim yang terdiri dari satu orang media dan satu manajer hotel itu menunjukkan kreativitasnya dalam menyajikan hidangan sushinya.

Hingga akhirnya Fun Cooking Competition ini melahirkan tiga juara berdasarkan penilaian Chef Latief yang melihatnya secara langsung. Dan perwakilan dari Dailyhotels, kak Ella menyabet juara 3 loh. Selamat ya kak Ella.

sabet juara 3, Ella perwakilan Dailyhotels satu tim dengan Pak Darmawan Head of Accounting Java Paragon
sabet juara 3, Ella perwakilan Dailyhotels satu tim dengan Pak Darmawan Head of Accounting Java Paragon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + two =