Pernah merasa bingung dengan istilah front liner saat memesan kamar hotel. Atau bingung dengan istilah-istilah pada Website Booking Online. Ini banyak terjadi saat kita pergi ke hotel berbintang. Tidak heran jika nanti para petugas akan menerangkan istilah-istilah tersebut dengan menggunakan bahasa awam. Oleh karenanya, setelah kamu baca artikel ini sampai selesai, mudah-mudahan kebingungan kamu udah hilang.

1. Check In (C/I) Dan Check Out (C/O)

Front Liner hotel. Photo by pamirtimes.net

Dua istilah pertama ini tentu tidak asing bagi yang sering menginap ataupun yang jarang menginap di hotel. Gampangnya Check in adalah sebuah proses regristrasi tamu yang datang untuk memesan kamar.

Dan Check Out adalah Proses tamu yang keluar dari kamar hotel dan melakukan proses pembayaran. Tapi kebanyakan hotel sekarang memberlakukan bayar di depan saat proses check in terjadi.

2. Online Travel Agent (OTA)

Simulasi memesan hotel via Online Travel Agent. Photo by skift.com

Mungkin beberapa dari kalian ada yang masih bingung dengan istilah ini. Istilah ini sering diucap pada generasi millenials yang melek akan digital. OTA adalah pemesanan kamar hotel yang seluruh kegiatan transaksinya dilakukan secara online. Jenis travel agen ini menyediakan layanan reservasi online dan sarana yang dibutuhkan oleh konsumen dalam melakukan perjalanan. Tugasnya di sini sebagai perantara yang dipercaya dan konsultan perjalanan yang menyediakan akomodasi dan tiket perjalanan dengan melakukan promosi secara online.

3. Jenis Hotel

Salah satu bangunan hotel paling mahal di dunia berada di Las Vegas, Amerika Serikat. Photo by maisonvalentina.net

Hotel dapat dibagi menjadi beberapa tipe yaitu berdasarkan lokasi hotel berada, berdasarkan bintang atau kelas, jenis tamu yang menginap, lama tamu menginap, maksud kunjungan, lama operasional, dan kepemilikan. Berikut ini akan dijelaskan tipe atau jenis hotel dalam beberapa kategori.

  • Hotel: Bangunan komersial yang menyediakan jasa penginapan dalam bentuk kamar, pelayanan makanan dan minuman, dan fasilitas akomodasi lainnya.
  • Resort: Gabungan antara hotel dengan fasilitas hiburan, rekreasi, olahraga, belanja, serta makanan dan minuman dalam satu lingkungan.
  • Inn : hotel yang dibangun di pinggir kota yang memiliki fasilitas sederhana yang disewakan untuk para pedagang keliling. Biasanya memiliki harga yang relative lebih murah dari tipe hotel lain.
  • Motel atau motor hotel : hotel yang terletak di pinggir jalan raya dan biasanya tepat diperbatasan antara dua atau lebih kota besar dibangun atau disewakan untuk orang yang ingin menginap atau sekedar beristirahat sementara karena belum bisa melanjutkan perjalanan ke suatu tempat. Hotel ini menyediakan fasilitas kamar yang dilengkapi parkir yang luas untuk tempat memarkirkan kendaraan tamu.
  • Apartment: Hunian atau tempat tinggal yang dibangun secara vertikal. Biasanya terdiri dari dua atau tiga ruangan yang terdiri dari kamar tidur, ruang tamu, dan dapur.
  • Serviced Apartment: Apartemen yang sudah dilengkapi dengan perabot dan disewakan dalam jangka waktu pendek atau panjang.
  • Villa: Hunian berbentuk rumah yang digunakan untuk liburan. Biasanya dibangun di tempat yang cocok untuk berlibur seperti dataran tinggi, tepi pantai, atau dekat tempat wisata.

4. Refundable Room dan Non-Refundable Room

ilustrasi pembayaran hotel di resepsionis. Photo by airplus.com

Memesan online ataupun direct booking pada hotel yang bersangkutan penting untuk dilihat, apakah hotel tersebut memberlakukan Refundable Room atau Non-Refundable Room?

Refundable room atau ada yang menyebut dengan Free cancellation adalah sebuah keterangan yang berarti kamar yang sudah kita pesan atau booking sebelumnya bisa dibatalkan dan uang yang sudah kamu bayar atau transfer sebelumnya bisa dikembalikan.

Berbeda dengan Non-Refundable Room. Non-Refundable room ini adalah kebalikan dari Refundable room, jadi jika kamu memesan kamar dengan keterangan Non-Refundable room berarti pemesanan tidak bisa dibatalkan dan uang yang kamu bayarkan tidak bisa dikembalikan. Jangan diabaikan! 2 Keterangan ini dapat menhindarkanmu dari kerugian nantinya.

5. Tipe-Tipe Kamar

ilustrasi ruangan yang luas. Photo by @danielcgold via unsplash.com

Hal ini wajib kamu ketahui sebelum memesan hotel. Karena kenyamanan saat kamu memesan kamar, berawal dari pengetahuanmu tentang tipe-tipe kamar. Pada beberapa hotel, penamaan kamar kadang berbeda-beda. Seperti Hotel Pop menamai kamarnya Pop Room, atau Fairfield Hotel dengan nama Fairfield Room dan Fairfield Family Room. Sebenarnya tipe-tipe kamar dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

  • STANDART ROOM (STD)
ilustrasi kamar standar yang paling sederhana. Photo by marmarisromancehotel.com

Sebutan untuk tipe kamar termurah atau standar. Tetapi kamar standar di setiap hotel itu berbeda-beda. Terkadang memiliki satu ranjang King Size, double dengan ranjang dua Queen Size, atau bahkan dengan satu ranjang dengan single room. Kamar standar memiliki fasilitas yang paling dasar, seperti televisi, pembuat kopi, telepon, meja, kloset, dan kamar mandi.

  • SUPERIOR ROOM (SUP) / PREMIUM ROOM
Kadang Superior room hanya berbeda pemandangan atau letak kamar yang lebih bagus daripada standar room. Photo by tamassaresort.com

Sebuah sebuatan untuk kamar standar yang memiliki fasilitas kamar yang lebih. Biasanya kamar tipe Superior ini memiliki definisi yang berbeda-beda di setiap hotel. Terkadang merupakan kamar standard dengan ukuran dan fasiltias yang lebih. Atau juga terkadang mungkin merujuk ke kamar khusus dengan pemandangan atau lokasi yang lebih baik. Biasanya dikenal juga dengan nama Premium Room. Sederhanya adalah merupakan kamar yang dilihat hotel lebih baik daripada Standard Room. Cara terbaik tentunya lebih baik Anda menanyakan terlebih dahulu fasilitas kamar Superior di hotel terkait.

  • DELUXE ROOM (DLX)
Deluxe Room berpenampilan kamar yang berkelas dengan pemandangan yang lumayan. Photo by hoteljen.com

Kamar ini didesain untuk terlihat lebih berkelas dalam berbagai hal dimulai dari penampilan, ukuran dan lokasinya. Akan tetapi, dalam beberapa hotel terkadang kamar tipe Deluxe dikategorikan di bawah kamar tipe Superior.

  • JUNIOR SUITE ROOM (JRSTE) / STUDIO (STU)
Kamar yang besar dan terpisah antara ruang santai dan ruang tidur adalah ciri khas Junior Suite ataupun Studio. Photo by indoluxehotel.com

Sebuah ruangan besar yang dimana ruang tidur dan ruang duduk (seating area) terpisah. Walaupun biasanya muncul dalam bentuk kamar single, ia tetap memiliki pemisah kecil antara ruang duduk dan ruang tidur.

Anda mungkin juga pernah mendengar mengenai ukuran Studio, sebenarnya kamar dengan tipe Studio tidaklah begitu berbeda jauh dengan kamar tipe junior suite. Hanya saja ukurannya lebih besar karena adanya tambahan dapur dan fasilitas memasak di dalamnya, dan harganya-pun terkadang lebih mahal daripada kamar tipe Suite.

  • SUITE ROOM (STE)
Memiliki 3 ruang berbeda, ruang tidur, ruang santai dan dapur yang terpisah. Photo by reservasi.com

Kamar tipe Suite dapat dikatakan seperti apartemen kecil di dalam sebuah hotel. Dengan ukuran yang jauh melebihi ukuran standard. Memiliki ruang tidur, ruang tamu dan ruang memasaknya sendiri. Biasanya kamar ini digunakan oleh orang-orang bisnis dan keluarga yang tinggal di hotel untuk periode yang agak lebih lama.

Bahkan dalam beberapa kasus untuk hotel yang benar-benar kelas atas, Suite Room merupakan kamar termurah mereka. Suite Room sendiri dapat diperluas menjadi tipe Executive yang biasanya untuk manajer kelas atas dan Presidential, dimana akan kita bahas lebih lanjut di tipe Presidential.

  • PRESIDENTIAL / PENTHOUSE ROOM
Lantai ter atas dari sebuah hotel adalah kemewahan tersendiri bagi Penthouse. Photo by bellagio.com

Seperti yang telah dibicarakan tadi, Suite Room dapat diperluas menjadi Presidential Suite. Biasanya dikenal juga dengan nama Penthouse yang dimana merupakan lantai teratas dari hotel. Dengan ruangan yang lebih besar, pemandangan dan perlengkapan terbaik yang ditawarkan sebuah hotel dan merupakan kamar termahal dari suatu hotel.

6. Jumlah Ranjang

ilustrasi kamar yang luas. Photo by neonbrand via unsplash.com

Tipe-tipe kamar hotel sendiri dapat dibagi berdasarkan jumlah ranjang dalam suatu kamar seperti single room, double room dan seterusnya. Pemesanannya biasa digabungkan dengan fasilitasnya, seperti Single Suite Room dan sejenisnya.

  • SINGLE ROOM

Merupakan kamar untuk satu orang yang dilengkapi dengan satu buah tempat tidur berukurang single untuk satu orang.

Photo by shinjuku.washington-hotels.jp
  • TWIN ROOM
Photo by hotelpleinsud.com

Sebuah kamar untuk dua orang yang dilengkapi dengan dua buah tempat tidur masing-masing berukurang single.

  • DOUBLE ROOM
Photo by andrewhotel.com

Merupakan sebuah kamar yang dilengkapi dengan satu buah tempat tidur berukuran double (ranjang besar yang muat untuk dua orang).

  • TRIPLE ROOM / FAMILY ROOM
Photo by tullamorecourthotel.ie

7. Fasilitas Kamar/Hotel

ilustrasi bis bandara. Photo by busandcoachbuyer.com
  • Airport Transfer/ Airport Shuttle: Penjemputan dari bandara ke hotel dan/atau pengantaran dari hotel ke bandara.
  • Free Airport Shuttle/Airport Transfer: Tersedia airport transfer tanpa dikenakan biaya tambahan.
  • Mini Bar: Tersedia kulkas dalam kamar, berisi berbagai makanan atau minuman. Biasanya kulkas boleh digunakan, namun jika makanan/minuman dalam kulkas dikonsumsi, akan dikenakan biaya tambahan.
  • Internet access: Koneksi Internet, baik melalui kabel ataupun nirkabel
  • Wifi: Koneksi Internet melalui jaringan nirkabel (wifi)
  • Free Internet Access / Wifi : Tersedia koneksi Internet tanpa dipungut biaya tambahan
  • Complimentary: Sama artinya dengan Free.

8. Tarif Kamar Hotel

Hotel di Tokyo Jepang memberlakukan istirahat sementara waktu atau menginap semalaman dengan harga yang berbeda. Photo by tokyocheapo.com
  • Published/Rack/Full Rate: Harga penuh kamar hotel sebelum diskon. Istilah lain HET (Harga Eceran Tertinggi) untuk perhotelan.
  • Corporate Rate: Harga kamar setelah dikurangi diskon tertentu. Harga ini diberikan kepada perusahaan yang menjalin kerjasama khusus dengan hotel.
  • Best Available Rate: Harga kamar sebelum diskon untuk 1 malam. Perbedaan Best Available Rate (BAR) dengan Published Rate adalah jika pemesanan dilakukan untuk lebih dari satu malam, maka digunakan harga per masing-masing tanggal. Walaupun istilahnya Best Available Rate, seringkali ini bukan harga/tarif termurah.
  • Non-Refundable Rate: Harga kamar yang diberikan ke tamu, yang tidak memperbolehkan perubahan atau pembatalan. Dengan jaminan kepastian menginap, seringkali ini merupakan harga termurah kamar hotel.
  • Special/Promotion Rate: Harga promosi khusus. Jika tersedia, seringkali ini merupakan harga termurah.
  • Run of the House: Harga kamar yang diberikan kepada tamu, biasanya sangat murah. Sewaktu check-in, tamu akan diberikan kamar yang sesuai keinginan hotel. Jika tersedia rate ini, Run of the house seringkali merupakan cara yang bagus untuk memesan hotel, karena ada kalanya kita bisa mendapat kamar yang bagus dengan harga yang murah. Saat ini Run of the house sudah tidak begitu sering digunakan.

9. Stay Over

ilustrasi customer pada front desk saat check in. Photo by rearfront.com

Jika sudah mengetahui tipe-tipe kamar, jumlah ranjang dan fasilitasnya juga. Istilah berikut ini akan memberitahumu soal memperpanjang masa menginap kamu di hotel. Stay Over adalah istilah hotel untuk tamu yang seharusnya check-out tapi memperpanjang waktu tinggalnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 5 =