Monday, November 18, 2019
Home Resort Potensi Pariwisata Indonesia Mendunia, Inilah Penghargaannya

Potensi Pariwisata Indonesia Mendunia, Inilah Penghargaannya

-

Potensi wisata di Indonesia tak dipungkiri lagi. Terbentang di 17 ribu pulau keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia menjadi daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri. Tak heran, kerap kali sektor pariwisata Indonesia sering mendapatkan prestasi di kancah Internasional.

Salah satu bukti kepopuleran wisata Indonesia adalah torehan prestasi dan penghargaan dari dunia. Tak dipungkiri lagi, Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia dengan ribuan budaya di dalamnya, memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Di Oktober 2018 saja, Indonesia sudah mendapat 10 penghargaan dari Dunia. Yuk Simak apa saja..

KAYAK Travel Awards Singapore 2018

Kayak Travel Awards di Singapura
Penghargaan Kayak Travel Awards di Singapura

KAYAK merupakan travel application international yang berbasis di Amerika Serikat. Penghargaan ini semakin melegitimasi kualitas pariwisata Indonesia. Sebelum menentukan peraih penghargaan, pihak penyelenggara Travel Awards Singapore 2018, KAYAK Regional Asia Pasific, melakukan survei dari publik Singapura dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Hasilnya diumumkan pada Kamis, 19 Juli 2018. Indonesia menyabet 4 Penghargaan dan 2 Runer Up. Inilah penghargaan-penghargaan tersebut :

Penghargaan terbaik:
Kategori Destinasi Favorit untuk Liburan Pantai: Bali
Kategori Destinasi Favorit untuk Libur Pendek: Bali
Kategori Hotel Terjangkau Favorit di Asia: The Westin Resort Nusa Dua Bali
Kategori Hotel Resor Favorit di Asia Tenggara (outbond): W Bali-Seminyak.

Runner-Up:
Kategori Destinasi Trending Favorit di Asia Tenggara: Yogyakarta
Bandara Favorit: Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

Asean Tourism Forum 2018

Asean Tourism Forum 2018
Asean Tourism Forum 2018

Kabar baik datang dari ajang Asean Tourism Forum atau ATF 2018 di Chiang Mai, Thailand. Dalam ajang penghargaan pariwisata itu, Indonesa raih 18 penghargaan. Indonesia menyabet total 18 penghargaan dalam ajang ATF 2018 dan ASEANTA (ASEAN Tourism Associations) Award di Chiang Mai International Exhibition and Convention Center (CMIECC), Thailand, Jumat (26/1).

Perolehan belasan penghargaan bergengsi dalam ajang forum pertemuan menteri-menteri pariwisata dan pelaku bisnis pariwisata se-ASEAN tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara tujuan wisata di kawasan Asia Tenggara yang sangat diminati dan favorit oleh wisatawan dunia.

Berikut 3 penghargaan dari ASEANTA Awards 2018 :

Best ASEAN New Tourism Attraction: Sand Boading di Bantul, Yogyakarta
Best ASEAN Tourism Photo: Upacara Melasti, karya Agung Parameswara, Indonesia
Best ASEAN Airlines Program: ‘Ayo Liburan’, Garuda Indonesia

Baca Juga  Menggemaskan! Hotel & Residences Riverview Kuta – Bali Melatih Kreatifitas Anak-anak Melalui Kreasi Bento

Sementara itu 15 award dari ATF Award 2018 adalah sebagai berikut:

Kategori ASEAN Green Hotel Standard Award :
Hyatt Regency Yogyakarta
Prime Plaza Hotel
The Dharmawangsa Jakarta
Melia Purosani Yogyakarta
Turi Beach Resort Batam

Kategori ASEAN MICE Venue Standard Award :
Bali Nusa Dua Hotel
Raffles Jakarta
Four Season Hotel Jakarta
The Trans Resort Bali
Ayana Midplaza Jakarta

Kategori ASEAN Clean Tourist City Standard Award :
Bandung
Surabaya
Banyuwangi

Kategori ASEAN Sustainable Tourism Award :
Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta
The Nusa Dua, Bali

United Nations World Tourism Organization (UNWTO) 2017

Menteri Pariwisata Arief Kementerian Pariwisata
Menteri Pariwisata Arief Yahya memegang penghargaan video pariwisata Indonesia dalam lomba video pariwisata yang digelar oleh UNWTO di Chengdu, China. (ARSIP KEMENTERIAN PARIWISATA)

UNWTO adalah lembaga PBB yang bertanggung jawab untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan dan dapat diakses secara universal oleh banyak orang di dunia. Organisasi internasional tersebut mempromosiokan pariwisata sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi termasuk pengembangan dan lingkungan yang berkelanjutan serta menawarkan dukungan dalam sektor pengetahuan dan kebijakan pariwisata di dunia. Kompetesi yang digelar di China pada 15 September 2017 tersebut Indonesia berhasil meraih 2 penghargaan sekaligus. Inilah penghargaan tersebut :

Baca Juga  Sambut New Year 2018, Melia Makassar Hadirkan Suasana Ibiza

Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific :
Video pariwisata Wonderful Indonesia “The Journey of a Wonderful World” menjadi juara kategori Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific.

People’s Choice Award
Indonesia berhasil mengalahkan 63 video lain dari negara-negara yang mengikuti ajang tersebut. Kategori ini, berarti video tersebut jadi yang terbaik versi pilihan publik melalui sistem vote.

Destination of The Year di TTG Travel Awards 2017

Indonesia dinobatkan sebagai ‘Destination of the Year’ dalam ajang penghargaan The 28th Annual TTG Travel Awards 2017, di Bangkok, Thailand, Kamis, 28 September 2017. TTG Travel Awards adalah penghargaan bergengsi bagi industri travel se-Asia Pasifik sejak tahun 1989. Pertama kalinya Indonesia menggeser Thailand, dalam ajang dan kategori tersebut.

Dive’s Magazine Travel Award 2017

Potensi wisata Indonesia di dalam laut
Potensi wisata Indonesia di dalam laut. Photo by bali-indonesia.com

Majalah dive adalah majalah scuba terkemuka di dunia, baik dalam majalah cetak atau digital. Inilah Penghargaan yang diberikan Dive’s Magazine Travel Award 2017 pada Indonesia :

Best Destination
Indonesia menjadi destinasi terbaik pilihan pembaca Dive’s Magazine dalam kategori destinasi selam terbaik dunia, di London, Inggris, Senin (6/11/2017). Dalam kompetisi ini Indonesia mengalahkan rival kelas berat seperti Filipina, Azires, Meksiko, Maldives, Mesir, Bahama, Thailand, Fiji dan Papua Nugini.

Baca Juga  Inilah Deretan Artis Mancanegara Yang Memilih Bali Sebagai Tempat Wisatanya

Best Resort and Spa

Selain destinasi terbaik, Indonesia juga meraih juara dalam kategori Dive Center atau Resor Selam Terbaik. Juara dunia dari Indonesia itu adalah Siladen Resort and Spa di Manado, Sulawesi Utara.

Dive Magazine menulis, Siladen sebagai resor mewah di jantung Taman Nasional Bunaken memang sudah dikenal lama karena kualitas penyelamannya. Berdasar survei online itu, tujuh dari 10 dive center terbaik versi Dive Magazine ada di Indonesia. Selain Siladen di peringkat pertama ada pula Wakatobi di urutan ketiga.

Best Destination for Spa & Wealthness

Bali memperoleh penghargaan Best Agent Choice Award dalam kategori Destination for Spa & Wealthness yang diselenggarakan oleh majalah Selling Travel. Penghargaan diserahkan Editorial Director majalah Selling Travel, Steve Hartridge kepada Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya dalam satu upacara di London, Selasa (7/11/2017).

30th ASEANTA Awards

Menteri Pariwisata Arief Yahya
Menteri Pariwisata Arief Yahya, Deputi Presiden ASEANTA SAM Cheah, dan Secretary General of ASEANTA Margaret Heng menemani para pemenang The 30th ASEANTA Awards for Excellence 2017, di Jakarta, Selasa (8/8/2017). Photo by Muhammad Irzal Adiakurnia by kompas.com

Dalam ajang ini Indonesia memboyong banyak kategori penghargaan. Antara lain kategori Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN Airlines Program dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort. Pada kategori Best ASEAN Tourism Photo, diraih melalui Agung Prameswara, seorang fotografer muda asal Bali yang memotret pesona keindahan Gunung Bromo.

Lalu dari kategori Best ASEAN Airlines Program dimenangkan oleh maskapai Garuda Indonesia dengan program yang telah menyajikan standar pelayanan terbaik ke 83 destinasi dunia. Sedangkan kategori Best ASEAN Cultural Preservation Effort juga diperoleh maskapai Garuda Indonesia yang telah menjaga kualitas terbaik di prestasi penerbangan dunia.

Baca Juga  Gak Perlu ke Maldives, ini 5 Wisata Indonesia yang Mengalahkan Indahnya Maldives

Kembali mendapat guyuran banyak award, acungan jempol pun diberikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menegaskan, semakin menaikan level confidence, credibility, sekaligus calibration Indonesia. Sebab, award menjadi salah satu parameter pembanding kualitas destinasi di Indonesia dengan mancanegara.

Pariwisata Indonesia kembali meraih penghargaan tentu menjadi prestasi luar biasa. Kepercayaan diri dan kredibilitas Indonesia otomatis naik. Mancenagara ini sangat percaya dengan Indonesia. Standar global destinasi di Indonesia juga ikut naik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight − 7 =

Must Read

1
Halo,
Apa yang bisa dailyhotels.id Bantu ?
Powered by