Home Profile Bekerja pada Jurusan yang Berbeda? Berikut Kunci Sukses Agil Ardiansyah Menjadi General...

Bekerja pada Jurusan yang Berbeda? Berikut Kunci Sukses Agil Ardiansyah Menjadi General Manager Jambuluwuk Batu

-

Agil Ardiansyah, General Manager Jambuluwuk Resort Batu
Agil Ardiansyah, General Manager Jambuluwuk Resort Batu

Dipercaya sebagai General Manager salah satu resort dan villa mewah di Batu, Malang, tentu saja memikul tanggung jawab yang amat besar. Apalagi kalau sebuah posisi dalam pekerjaan tersebut tidak ada hubungannya dengan pendidikan ketika waktu kuliah. Inilah cerita Agil Ardiansyah, selaku General Manager Jambuluwuk Batu Resort.

Berstatus fresh graduate dari Universitas Negeri Malang di tahun 2011, selayaknya mahasiswa pada umumnya usai wisuda, Agil Ardiansyah memulai “menebar jaring” di beberapa perusahaan. 2 bulan kemudian akhirnya beliau mendapat panggilan dari Jambuluwuk Batu.

Disinal awal mula karir beliau di bidang perhotelan di Jambuluwuk Batu Resort dengan posisi pekerjaan sebagai Admin HR yang mana itu sangat bertolak belakang dengan pendidikan kuliah beliau, fakultas ilmu pendidikan, jurusan pendidikan luar sekolah.

“Ilmu pendidikan masuk ke hotel kan jauh banget. Waktu diterima jadi Admin HR memang untuk ilmu dasar HR saya masih diajarin, tetapi untuk sistem hotel, bagaimana bisnis dalam perhotelan saya mulai nol.”

Meskipun tidak sejalan dengan pendidikan yang beliau tempuh, tidak ada salahnya untuk mencoba karena pengalaman untuk terjun langsung sangatlah penting. Untuk itulah, kunci yang beliau pegang ketika itu adalah mau belajar apapun.

Tidak ada bekal ilmu tentang hotel dan baru belajar tidak membuat seorang Agil Ardiansyah takut pada situasi dan kondisi yang ada. Hal inilah yang akhirnya membuat beliau mendapatkan ganjaran yang setimpal dengan diangkat menjadi HR Manager di tahun 2013 di Jambuluwuk Jogja. Jadi, Jambuluwuk ini “buka cabang” di beberapa kota besar di Indonesia, contohnya di Batu, Jogja, dan Bali.

Baca Juga :  Tiga Rekomendasi Menu Andalan Jambuluwuk Batu Resort

Sebenarnya, di Jogja beliau merasa kurang lepas dibandingkan bekerja di Jambuluwuk Batu. Suasana yang terkesan kurang alami dan tidak ”fresh” tentu membuat Agil Ardiansyah merasa kangen untuk kembali ke Batu, Malang. Seakan sudah digariskan Yang Maha Kuasa, hidup di Jogja pun hanya sekitar 6 bulan yang kemudian muncul tawaran untuk kembali ke Jambuluwuk Batu.

Baca Juga :  Guido Andriano Ditunjuk Sebagai GM Hotel Santika Premiere Slipi

“Setelah ada tawaran dari GM yang lama, mungkin karena sudah sreg sama aku juga. Selain itu juga mikirnya aku orang dari Batu, lebih deket sama Batu, jadi tidak pikir lama saya ambil tawaran itu.”

“Balik hingga akhirnya 2015, karena GM sudah cocok sama saya jadinya dipromosikan sebagai EAM (Executive Assistant Manager) atau Wakil General Manager. Dan pada tahun itu juga, beliau resign jadi tanggung jawabnya berpindah ke saya yang setelah PLT 3 bulan baru resmi menjadi GM pada November 2015.”

Menurut beliau, menjadi seorang GM menuntut kita untuk berlatih secara mental dan ilmu. Mental diperlukan untuk bagaimana mengatur anak buah yang sangatlah banyak. Untuk ilmu memang sebagai manusia, kita dituntut untuk terus mau belajar sebab semua bisa kita dapatkan dan kerjakan asal kita mau belajar.

“Saya kalau ada yang tidak bisa atau tidak dimengerti mengenai sesuatu yang masih menyangkut hotel, saya tidak sungkan untuk tanya ke GM hotel-hotel lain. Jadi, networking itu penting juga. Kalau memang ada yang tidak suka saya bertanya, ya pindah ke GM lainnya.”

Baca Juga :  General Manager Baru EDEN Hotel Kuta, Bali

Bagaimanapun juga, meskipun pendidikan yang kita tempuh nantinya tidak digunakan dalam pekerjaan, janganlah terlalu merasa sia-sia belajarnya karena sebetulnya kita mendapatkan ilmu baru yang mungkin saja lebih berguna untuk digunakan dalam karir hidup kita. Terlepas dari rezeki sudah ada jalannya, kita harus tetap berusaha dalam keadaan dan hasil apapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Baca Juga :  Pesona Villa Jambuluwuk, Manjakan Mata dengan Keindahan Pegunungan Kota Apel

one × one =

Must Read

× How can I help you?