Memasuki musim hujan, yang namanya penyakit akan lebih cepat menyebarnya. Tentu ini menjadi masalah tersendiri untuk tubuh yang akhirnya menjadi rentan terhadap masuknya bakteri dan virus. Untuk itu, perlu adanya penahan berbentuk nutrisi yang harus ada di dalam tubuh kita agar bakteri dan virus tidak mudah untuk masuk.

Lantas, sebenarnya makanan sehari-hari kita apakah cukup mampu untuk menahan serangan virus juga bakteri itu? Atau apakah perlu adanya makanan lain yang perlu dimakan untuk menambah daya tahan tubuh agar bisa mencatatkan “cleansheet” bagi tubuh kita? Apalagi untuk orang yang hobi travelling tentu kesehatan adalah hal yang utama agar petualangan yang akan dilakukan tidak terdistraksi oleh menurunnya daya tahan tubuh.

Makanan Sehat untuk Traveller Hebat

1. Jahe

makanan sehat

Penggunaan jahe sebagai makanan sehat biasanya digunakan untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, jahe juga bisa mencegah terjadinya inflamasi, melancarkan pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Jeruk-Jerukan

makanan sehat

Buah yang kaya akan vitamin C ini tentu saja menjadi sumber yang sangat penting untuk kekebalan tubuh kita. Buah yang kaya akan flavonoid, kalium, asal folat, dan serat ini bisa menghentikan penyakit kardiovaskular, inflamasi, dan kanker. Untuk jenisnya bisa seperti jeruk keprok, grapefruit, jeruk nipis, hingga lemon.

3. Yogurt

makanan sehat

Probiotik yang berada didalam yogurt berguna untuk merangsang sistem kekebalan tubuh yang akan melawan penyakit. Jenis probiotik terbaik adalah lactobacillus reuteri yang memang sudah terbukti dapat menstimulasi sel darah putih. Baiknya kalian mencari yogurt yang banyak mengandung vitamin D karena ditengarai bisa mencegah terjadinya pilek juga flu.

4. Bawang Merah dan Bawang Putih

makanan sehat

Makanan sehat selanjutnya adalah bawang merah dan bawang putih dimana mereka ini mengandung beberapa senyawa antioksidan yang bisa menangkal sejumlah virus dan bakteri. Dengan begitu bisa dibilang akan mampu mencegah infeksi hingga menurunkan risiko terhadap beberapa jenis penyakit kanker.

5. Madu

makanan sehat madu

Senyawa antimikroba yang tinggi pada madu sangat kuat menjadi antibakteri untuk tubuh kita. Madu pada beberapa bukti dapat menstimulasi sistem kekebalan tubuh baik untuk anak-anak maupun untuk tubuh orang dewasa.

Beberapa olahan madu juga bisa digunakan agar bisa menjadi lebih menyukai madu. Contohnya seperti yang dilakukan oleh salah satu hotel besar di Surabaya, Midtown Hotel Surabaya. Menjelang Valentine 2019 besok, akan ada 3 jenis makanan dengan olahan bahan madu yang konsepnya diberi nama Omah Tawon dengan lebih detailnya adalah Selada Omah Tawon, Dory Cendawan Omah Tawon, dan Ayam Obonk Omah Tawon.

makanan sehat
Ayam Obonk Omah Tawon by Midtown Hotel Surabaya
makanan sehat
Selada Omah Tawon by Midtown Hotel Surabaya

Penasaran? Yuk intip promo valentine 2019 dari Midtown Hotel Surabaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine + twenty =