Semua tempat berlomba untuk menunjukkan aksi nyata untuk menyelamatkan bumi. Mengingat bumi kini menghadapi isu lingkungan. Isu lingkungan yang menjadi perbincangan hangat adalah isu pemanasan global.

Seiring meningkatnya jumlah polusi, semakin tinggi pula resiko pemanasan global di bumi kita. Polusi bisa muncul dari asap kendaraan, asap pabrik, limbah industry, dan masih banyak lagi.

Namun, sebenarnya tidaklah susah untuk menghentikan laju pemanasan global. Tidak harus tindakan nyata yang rumit, tapi cukup dengan mengikuti kegiatan Earth Hour.

Kegiatan Earth Hour sendiri dimulai di Sydney pada tahun 2007. Diikuti sekitar 2 juta-an penduduk yang berpartisipasi dengan hanya melakukan pemadaman lampu yang tidak diperlukan.

Menurut Adriana Valianda Tobing, koordinator Earth Hour Surabaya dalam sambutannya menjelaskan setelah Sydney kemudian beberapa kota lain di dunia mengikuti gerakan ini. Di Indonesia memulai gerakan ini pada tahun 2009 dan Surabaya di tahun 2011.

Pada 30 Maret kemarin, di Shangri-La Hotel Surabaya diadakan serangkaian acara bertajuk Switch Off 2019 Disconnet2Plastic. Rangkaian acara dilangsungkan di area kolam renang pada pukul 19.00 hingga 22.00 WIB.

Suasana Acara Earth Hour
Suasana Acara Earth Hour

Kolaborasi yang diadakan Shangri-La Hotel Surabaya dan Earth Hour Surabaya ini dihadiri sekitar 100 partisipan yang didominasi anak muda. Dihadiri oleh beberapa komunitas di Surabaya Earth Hour volunteer serta pengunjung dan tamu hotel.

Partisipan Earth Hour
Partisipan Earth Hour

Agenda utama acara ini adalah pemadaman dan pengurangan penggunaan listrik di beberapa titik di dalam hotel, antara lain kamar tamu, restoran, serta area lobi selama satu jam pada pukul 20.30 – 21.30. Tak lupa edukasi untuk generasi muda.

Kemudian ada acara hiburan yang membuat hidup di malam itu. Ada penampilan tari saman, dan musik akustik.

Tari Saman
Tari Saman
Musik Akustik
Musik Akustik

Lalu talk show dengan beberapa anak berprestasi Surabaya seperti Soraya Ghyna; stand up comedy; puisi; serta shuffle dance.

Shuffle Dance
Shuffle Dance

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − eight =