Hotel Horison Arcadia Surabaya merupakan hotel yang berlokasi di Jl. Rajawali No.9-11, Krembangan Selatan, Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60175 dimana lokasi ini dulunya salah satu tempat bersejarah di kota Surabaya.

Hotel ini berdiri di dekat sebuah jembatan ikonik perang kemerdekaan, Jembatan Merah yang disebut sebagai jembatan penuh darah karena memang disinilah banyak sekali korban peperangan yang terjadi saat tanggal 10 November 1945.

horison arcadia surabaya
Photo by Dailyhotels

Untuk Anda yang sedang menginap di Hotel Horison Arcadia Surabaya, patutlah berbangga hati karena inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika menginap di hotel ini dan kegiatan ini akan berbeda dari lainnya. Apa itu?

1Menikmati Bahkan Membeli Lukisan Indah di Horison Arcadia Surabaya

Hal unik pertama di Horison Arcadia Surabaya adalah disini Anda akan melihat banyak sekali lukisan-lukisan keren dimana lukisan ini bisa Anda beli langsung untuk dibawa pulang. Lukisan-lukisan ini karya komunitas The Heritages. Harganya beragam tergantung besarnya lukisan.

2Makan di Restoran Horison Arcadia Surabaya yang Penuh Unsur Kayu

Photo by Dailyhotels

Cobalah Anda untuk makan di restoran yang disediakan oleh Hotel Horison Arcadia Surabaya. Restoran ini penuh dengan nuansa kayu dengan paduan warna krem pada dindingnya juga warna merah pada pilarnya membuat mood sedikit lebih hangat.

Photo by Dailyhotels
Photo by Dailyhotels
Photo by Dailyhotels

3Cobalah Menu Nasi Goreng Rawon dan Soto Betawi yang Rasanya Spektakuler

Nasi Goreng Rawon Ala Horison Arcadia Surabaya. Photo by Dailyhotels

Ke Hotel Horison Arcadia Surabaya tidak lengkap kalau Anda belum mencicipi menu Nasi Goreng Rawon dan Soto Betawi lengkap dengan paru sebagai pendampingnya. Nasi goreng rawonnya dijamin akan membuat Anda terkejut karena baru akan terasa kalau itu rawon ketika nasi dalam mulut perlahan habis. Dan, untuk soto betawinya sangat-sangat segar dan maknyus.

horison arcadia surabaya
Soto Betawi Ala Horison Arcadia Surabaya. Photo by Dailyhotels

4Belajar Sistem Perbankan di De Javasche Bank

Kalau Anda suntuk di hotel, Anda bisa keluar dan menyeberang menuju ke Bank BNI. Disitu, Anda berjalan sekitar 50 meter dan Anda akan menemukan sebuah bangunan yang penuh dengan warna putih dengan nama De Javasche Bank. Isinya? Silahkan langsung melihat sendiri, yang pasti tentang sistem perbankan di Indonesia.

5Berfoto di Gedung Cerutu yang Bersebelahan dengan Horison Arcadia Surabaya

Gedung yang berada tepat disebelah Horison Arcadia Surabaya ini sangat cocok untuk Anda yang hobi dengan fotografi. Pasalnya, gedung ini penuh dengan warna putih dipadukan bersama jendela-jendela tinggi yang berpagar membuat estetika foto yang Anda ambil akan lebih terasa heritage.

6Jalan-Jalan di Jembatan Merah dan Kya-Kya Kembang Jepun

Kya-Kya Kembang Jepun. Photo by Dailyhotels

Berada dekat dengan Jembatan Merah dan Kya-Kya Kembung Jepun nampaknya tidak boleh dilewatkan begitu saja sebab disinilah Anda bisa merasakan bagaimana ganasnya penjajah dan gigihnya pejuang arek-arek Suroboyo yang terus mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Jembatan merah melambangkan banyaknya tumpah darah dari kedua kubu hingga beberapa hari saat itu. Kya-Kya Kembang Jepun merupakan daerah yang kental akan nuansa Chinnese dengan beberapa bangunan bisnis ala warga Tiongkok.

7Menelusuri Gedung-Gedung Tua di Sekitar Hotel Horison Arcadia Surabaya

Siapkan tenaga Anda dan peralatan foto Anda karena di sekitar hotel masih banyak gedung bersejarah yang kokoh berdiri untuk siap diambil fotonya. Beberapa memang sudah ditutup, dan beberapa juga masih digunakan, seperti kantor polisi, bank, hingga kantor swasta. Sudah siapkah kamera Anda?

8Bercengkrama dengan Masyarakat Sekitar di Taman Sejarah

Photo by Dailyhotels

Di seberang kanan Horison Hotel Surabaya, Anda dapat menemukan sebuah taman yang namanya Taman Sejarah. Taman ini berdiri di area awal pertempuran 10 November kala itu. Taman yang dibangun menjadi lebih indah dengan penuh pepohonan dan spot foto ini, bisa Anda gunakan untuk lebih bercengkrama bersama masyarakat sekitar dan menikmati udara sore Surabaya. Kalau malam ada spot foto baru penuh lampu di depan Taman Sejarah, lho!

Fakta lain dari Horison Hotel Arcadia Surabaya ini adalah saat Anda masuk ke hotel ini, yaitu pos security dulunya adalah tepat mobil Aubertin Walter Sothern Mallaby atau biasa kita kenal dengan A.W.S Mallaby itu hancur yang mana inilah menjadi momen pertama pecahnya pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × two =