Review Hotel Majapahit Surabaya – Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu pasti belajar soal sejarah perobekan bendera yang terjadi di Surabaya. Bendera Belanda yang berwarna merah, putih dan biru tiba-tiba berkibar di daerah Surabaya yang mana saat itu Indonesia sudah merdeka.

Tanpa banyak pikir panjang, arek-arek Suroboyo yang merasa terlecehkan oleh sikap Belanda tentu saja marah dan naik ke atas hotel untuk memanjat tiang bendera dimana bendera Belanda tersebut berkibar.

Peristiwa ini biasa kita kenal dengan Insiden Hotel Yamato (sebelum berganti nama menjadi Hotel Majapahit hingga sekarang ini). Insiden perobekan ini kemudian dikenang kembali oleh Pemkot Surabaya dengan mengadakan teatrikal perobekan bendera layaknya saat perang dulu.

Teatrikal perobekan bendera di Hotel Yamato (Sekarang Hotel Majapahit Surabaya). Photo by www.instagram.com/aslisuroboyo/

Ada yang belum pernah jalan di Jl. Tunjungan Surabaya?

Kalau belum dan lagi di Surabaya, tak lengkap rasanya kalau memang belum menginjakkan kaki di Jl. Tunjungan. Jalan ini merupakan jalanan di pusat Kota Surabaya yang penuh dengan lampu-lampu jalan menghiasi saat malam hari. Lampu-lampu ini tentu saja juga ide dari Pemkot Surabaya untuk menggalakkan kembali mlaku-mlaku nang Tunjungan seperti lagu Rek Ayo Rek.

Jalan Tunjungan saat ditinggal mudik. Image by www.instagram.com/aslisuroboyo/
Tunjungan Drift. Photo by www.instagram.com/christ.halim/

Untuk kalian yang sudah pernah lewat jalan ini, redaksi Dailyhotels jamin pasti ingin lewat lagi dan berfoto di pinggir jalan. Jalan Tunjungan juga sering digunakan sebagai tempat foto pre-wedding pasangan-pasangan yang nantinya pasti menikah maupun yang nantinya gagal menikah.

Tepat di Jalan Tunjungan ini, salah satu hotel mewah bintang lima Surabaya berdiri. Hotel Majapahit Surabaya.

Review Hotel Majapahit Surabaya

Kalau hotel bintang lima tentu saja ekspetasi kita sebagai tamu tentu sangatlah tinggi. Jaminan kemewahan yang disuguhkan baik dari kamar, fasilitas ataupun suasana hotel tentu saja sudah menancap di otak kita saat memasuki area parkir kendaraan hotel. Review Hotel Majapahit mungkin akan Anda banyak temukan di mesin pencari, tetapi mungkin ada yang belum Anda temukan dan akan menemukannya di artikel ini.

Photo by Dailyhotels

Area Lobi Hotel

Unsur sejarah yang melekat kuat di Hotel Majapahit ini langsung membuat suasana langsung berubah layaknya saat perang kemerdekaan dulu. Ditambah lagi dengan adanya mobil kuno model Ford 1930 atau dikenal dengan Ford Beauty yang memang disediakan khusus dari salah satu kolektor dari Surabaya dan ini akan diganti kalau sudah bosan. Adapun beberapa lukisan yang memang dijual kepada tamu.

Photo by Dailyhotels

Bagian belakang resepsionis terpampang lukisan bentuk Hotel Majapahit Surabaya saat masih bernama Hotel Oranje Surabaya. Yang unik disini, saat tim redaksi Dailyhotels menunggu check-in, disuguhkan beberapa welcome snack dan segelas welcome drink yang katanya sangat tidak boleh dilewatkan untuk dicoba. Untuk makanannya ada yang namanya Maccarone Merah Putih yang isinya Almond, Cokelat rasa kopi dan terakhir tidak kalah “aneh” ada kulit jeruk.

Photo by Dailyhotels

Makan kulit jeruk emang enak?

Enak, sangat sangat enak. Susah untuk dijelaskan. Makanan yang lain juga tentu saja enak dan inilah yang khas dari Majapahit Hotel Surabaya. Kalau minuman pasti untuk yang lidah orang Jawa, khususnya Jawa Timur tidak asing dengan rasanya. Mungkin hanya Hotel Majapahit Surabaya yang menyuguhkan minuman rasa lokal meskipun bintang lima. Es Legen, begitulah sebutan kalau kata orang Jawa.

Photo by Dailyhotels

Kamar

Untuk kamar, kebetulan tim redaksi Dailyhotels diberikan dua kamar dengan jenis yang berbeda. Sebelum itu, di Hotel Majapahit ini ada sekitar 143 kamar yang dibagi ke empat kategori :

  • Class Room dengan luas 44 m2
  • Heritage Suite 57 m2
  • Majapahit Legendary Suite 97 m2
  • Presidential Suite 825 m2 (terdiri dari dua lantai dan masih menjadi yang terbesar di Asia Tenggara untuk kategori Presidential Suite)

Tim Redaksi Dailyhotels menginap di kamar Heritage Suite dan Majapahit Legendary Suite yang terhubung dengan kolam renang. Pertama masuk kamar Heritage Suite langsung diam seribu kata. Tentu saja bukan karena melihat mantan dengan pacar barunya atau apa, tapi karena kamarnya sangat mewah sekali. Dalam kamar mandi juga tersedia bathub yang dapat digunakan sebagai ruangan kerja sambil berendam.

Heritage Suite

Photo by Dailyhotels

Heritage Suite ini dibagi menjadi dua ruangan bersekat, kamar tidur dan ruang nonton televisi juga ruang kerja. Televisinya juga unik dengan dimasukkan ke lemari kayu layaknya konsep televisi zaman dulu. Kalau televisinya tentu sudah zaman sekarang. Lemari yang besar depan kasur kami biarkan kosong karena memang kami tidak membawa barang bawaan yang banyak.

Photo by Dailyhotels
Photo by Dailyhotels

Harga per malamnya berada di angka Rp. 1.699.850 lewat direct booking di situs resmi Hotel Majapahit Surabaya dimana ini lebih murah dari harga di OTA untuk waktu menginap di hari Sabtu.

Photo by Dailyhotels

Majapahit Legendary Suite

Photo by Dailyhotels

Kalau di Majapahit Legendary Suite malah lebih mewah. Terdapat tiga ruangan yang berbeda. Area nonton keluarga dengan televisi, ruang kerja dan ruang makan, terakhir adalah kamar. Luas kamar juga kamar mandinya mungkin seukuran Heritage Suite.

Photo by Dailyhotels
Photo by Dailyhotels
Photo by Dailyhotels
Photo by Dailyhotels

Dan lagi di dekat area kerja juga makan ada pintu yang terhubung langsung dengan kolam renang di belakangnya. Untuk harga ada di angka Rp. 2.649.850 dan ini sama seperti di OTA. Mantul, mantap soul!

Pintu belakang yang langsung terhubung dengan kolam renang. Photo by Dailyhotels
Dengan adanya kaca yang besar sudah tidak ada lagi yang namanya alis tidak simetris. Photo by Dailyhotels

Presidential Suite

Sebelum masuk kamar, kita ditunjukkan ruangan Presidential Suite dimana ini merupakan satu-satunya kamar jenis Presidential Suite terbesar se-Asia Tenggara. Tentu aroma-aroma kemewahan sudah tersaji saat kita membuka pintu Presidential Suite.

Presidential Suite difoto dari taman depan. Photo by Dailyhotels

Bangunan yang terdiri dari dua lantai ini biasa digunakan untuk wedding dengan tamu-tamu berada di luar bangunan atau di taman. Layaknya sultan, Presidential Suite terdapat bar pribadi ditambah dengan area keluarga yang luas juga tersedia balkon di kamar utama.

Photo by Dailyhotels
Photo by Dailyhotels
Photo by Dailyhotels
Photo by Dailyhotels

Harga nginep di Presidential Suite berapa semalem kak?

Cuma Rp. 35.000.000 per malam.

Yang Menarik di Hotel Majapahit Surabaya

Taman

Mengambil foto merupakan hal wajib untuk dilakukan ketika kalian menginap di Hotel Majapahit Surabaya. Area dalam hotel tersedia taman yang begitu luas yang biasa digunakan sebagai tempat acara seperti wedding ataupun ulang tahun. Selain itu, paduan lorong panjang dan rimbunnya pohon yang terawat disana menambah unsur estetik dalam jepretan lensa kamera.

Bangunan

Bangunan Hotel Majapahit Surabaya masih asli terawat dari zaman perang mempertahankan kemerdekaan dulu. Beberapa memang diperbarui guna menambah kenyamanan tamu. Tiang bendera yang masih kokoh berdiri saat perobekan juga nampak menjulang di atas bagian depan hotel. Bangunan lobi adalah bangunan tambahan yang mana bangunan aslinya sekarang dibuat menjadi hall.

Photo by Dailyhotels

Lorong-lorong hotel juga masih membawa aroma kemerdekaan dengan lantai yang masih asli. Tidak seperti hotel bintang lima lainnya dengan lantai mewah marmer ataupun keramik baru, Hotel Majapahit Surabaya tidak ingin move on dari lantai zaman dulu. Foto di lorong hotel? Wajib dicoba.

Restoran

Terdapat 3 restoran utama dengan 2 lounge yang juga bisa menjadi rekomendasi untuk mengisi perut. Yang pertama ada Executive Lounge yang tim redaksi Dailyhotels gunakan saat breakfast. Suasana yang kuno penuh kayu menambah suasana makan terasa lebih intim. Adapun tersedia area makan outdoor sambil menikmati suasana hangatnya mentari pagi yang muncul dari balik pohon-pohon di taman Hotel Majapahit Surabaya.

Photo by Dailyhotels

Selanjutnya ada Indigo Restaurant dan terakhir ada Sarkies Seafood Restaurant. Kita mencoba makan malam di Sarkies Seafood Restaurant dan memesan Mango Pudding, Nasi Goreng XO, Sapo Tahu, Udon Beef Blackpaper, Udang Gandum dan Beef Blackpaper. Rasanya tentu saja rasanya sesuai dengan bintang hotelnya. Review Hotel Majapahit Surabaya tidak hanya keseluruhan bangunan, tapi juga rasa makanannya.

Photo by Dailyhotels

Tips saja kalau merasa memiliki perut karet seperti tim redaksi Dailyhotels, pesan saja menu yang paling besar karena disana tersedia 2 jenis menu, medium dan large.

Kolam Renang

Kolam renangnya mengusung konsep tropis dengan beberapa pohon kelapa tinggi menjulang menambah kesejukan saat pagi hari. Ada kolam anak juga.

Gym

Area gym yang luas ditambah dengan area yoga untuk member sangat membuka kemungkinan menginap di Hotel Majapahit Surabaya bisa lebih sehat dan segar. Gym di Hotel Majapahit Surabaya ini diperuntukkan untuk tamu hotel dan membership.

Photo by Dailyhotels

Spa

Spa bisa digunakan untuk umum yang kerja sama dengan Martha Tilaar. Capek hilang, tubuh bugar. Selain spa, kalian juga bisa pilih Java Island Legacy, Traditional Golden Lulur, Massage ataupun Facials. Menariknya, di Hotel Majapahit Surabaya juga tersedia salon.

Fun Fact

Karena berbagai kemewahan dan kenyamanan yang dirasakan hingga hal-hal kecil seperti karpet, membawa salah satu tim redaksi Dailyhotels, entah karena terlalu capek berkeliling malam di Hotel Majapahit Surabaya untuk membuktikan kalau Hotel Majapahit Surabaya tidak berhantu atau memang hanya ketiduran saja, sampai ketiduran di atas karpet kamar padahal kasur masih cukup untuk 1 orang lagi. Mungkin karena karpetnya seempuk kasur jadi tidak ada bedanya tidur di karpet dengan di kasur.

Lorong Hotel Majapahit saat malam hari. Tenang. Photo by Dailyhotels

Hasil dari penelusuran beliau adalah suasana malam di Hotel Majapahit Surabaya sangat cocok digunakan untuk minum kopi, baca buku sambil mendengarkan lagu lingsir wengi.

Suasananya cocok untuk baca buku sambil dengar musik hingga ngantuk datang. Photo by Dailyhotels

Adapun beberapa informasi tambahan terkait tentang tempat wisata dekat Hotel Majapahit Surabaya :

  • Tunjungan Plaza 1-6
  • Museum Surabaya
  • Taman Apsari Surabaya
  • Pasar Oleh-Oleh Genteng
  • Balai Pemuda Surabaya
  • Museum Kapal Selam
  • Balai Kota Surabaya
  • Car Free Day setiap hari minggu pagi

Urusan transportasi kalian tidak perlu khawatir karena Hotel Majapahit Surabaya berada di pusat kota sehingga taksi online sudah pasti tahu dan juga sekarang ada transportasi umum gratis yaitu Suroboyo Bus. Bayarnya hanya menggunakan beberapa botol bekas sehingga kita juga bisa mengurangi sampah plastik di sekitar kita, khususnya sampah botol bekas.

Sekian artikel tentang review Hotel Majapahit Surabaya dari Dailyhotels. Semoga review Hotel Majapahit Surabaya ini dapat memudahkan Anda dalam merujuk pilihan untuk menginap disini.

Apakah menurut Anda artikel review Hotel Majapahit Surabaya sudah lengkap? Yuk, komen di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 1 =