Tuesday, October 22, 2019
Home Hospitality Jenis Jenis Hotel dan Pengertiannya Agar Menginapmu Tidak Mengecewakan

Jenis Jenis Hotel dan Pengertiannya Agar Menginapmu Tidak Mengecewakan

-

Dailyhotels.id – Saat libur lebaran kemarin, penulis sempat kebingungan untuk mencari penginapan yang murah namun memiliki kelebihan yang maksimal. Beberapa kali penulis mencari jenis jenis hotel di OTA dan hasilnya adalah sudah tidak ada kamar.

Kok bisa tidak ada kamar? Padahal hotel sangatlah banyak. Kalaupun tidak ada, pasti masih ada 1 atau 2 kamar tersisa.

Ya, itu benar. Pasalnya, yang penulis cari adalah hotel yang bisa menampung hingga 5 orang dalam 1 kamar dan di OTA lebih banyak yang tidak menyediakan.

Kalau itu ya sewa homestay ataupun villa aja!

Nah, disinilah penulis bingung. Untuk kebutuhan menginap yang seperti 1 kamar bisa diisi lebih dari 2 orang, penulis harus mencari penginapan yang seperti apa. Apakah hostel, villa, hotel atau cottages.

Apakah ada yang sama seperti itu? Kalau memang masih banyak yang tidak tahu soal jenis jenis hotel, artikel dari Dailyhotels berikut ini akan berikan sedikit pencerahan :

Pengertian dan Jenis Jenis Hotel di Indonesia ataupun Dunia

Hotel sendiri memiliki artian yang banyak. Beberapa tokoh dan lembaga mengemukakan pendapatnya masing-masing.

1. Berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987, pengertian hotel adalah Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil.

2. Menurut wikipedia hotel berasal dari kata hostel, konon diambil dari bahasa Perancis kuno yang artinya tempat penampungan buat pendatang atau bisa juga “bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum.

3. Menurut Endar Sri,1996:8, pengertian hotel adalah suatu bangunan yang dikelola secara komersil guna memberikan fasilitas penginapan kepada masyarakat umum dengan fasilitas antara lain jasa penginapan, pelayanan barang bawaan, pelayanan makanan dan minuman, penggunaan fasilitas perabot dan hiasan-hiasan yang ada di dalamnya serta jasa pencucian pakaian.

4. Menurut Lawson, 1976:27, pengertian hotel adalah sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.

jenis jenis hotel

Dari beberapa pengertian dan pendapat di atas maka bisa diambil garis besar kalau pengertian hotel adalah sebuah badan usaha akomodasi atau perusahaan yang menyediakan layanan bagi masyarakat umum dengan fasilitas jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman, jasa layanan kamar, serta jasa pencucian pakaian. Fasilitas ini diperuntukan bagi mereka mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu.

Jenis Jenis Hotel yang Ada di Indonesia dan Dunia

Jenis jenis hotel juga tidak kalah banyak. Hal ini tentu saja demi memenuhi segala kebutuhan menginap masyarakat umum yang ada hingga sekarang. Kebutuhan menginap masing-masing orang sendiri sangatlah beragam. Mulai seperti penulis yang ingin mencari kamar dengan kapasitas hingga 6 orang, ingin menginap di daerah pegunungan, ingin menginap yang memiliki fasilitas layaknya rumah sendiri hingga ingin menginap di tempat yang punya fasilitas rekreasi layaknya wahana Dufan.

Untuk itulah, Dailyhotels berikan informasi jenis jenis hotel yang sudah ada selama ini dari beragam referensi yang ada. Disimak yuk!

Cottage

Untuk jenis jenis hotel yang pertama akan kita bahas adalah Cottage. Apakah kalian tidak asing dengan jenis hotel ini? Yap, Cottage ini sering kita temu di tempat-tempat wisata yang berada di sekitaran pantai ataupun taman rekreasi. Lantas, apa bedanya Cottage dengan hotel?

jenis jenis hotel-cottage
https://www.instagram.com/visuallygeorge/

Pengertian Cottage merupakan pondok-pondok penginapan yang bisa dibilang mirip dengan villa. Cottage akan sering kita temui di daerah pantai atau pegunungan dan bisa menjadi solusi penginapan untuk keluarga. Selain itu, bangunannya juga nampak berbeda dengan hotel pada umumnya karena dibuat terpisah-pisah.

Baca Juga  Ikuti Verifikasi Ekolabel , VOUK Hotel & Suites Nusa Dua Bali Terima Sertifikasi ISO

Airport Hotel

Jenis jenis hotel berikutnya adalah Airport Hotel. Airport Hotel merupakan sebuah hotel yang dibangun dekat dengan bandar udara. Biasanya disewa oleh penumpang pesawat yang delay atau sekedar istirahat sebelum melanjutan perjalanan yang jauh. Jadi, tidak perlu keluar bandara untuk mencari penginapan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti delay ataupun untuk transit sejenak.

jenis jenis hotel-airport hotel
https://www.instagram.com/natashainthecity/

Boutique Hotel

Sekarang zamannya Instagram dimana semua yang memang instagram-able wajib diposting di Instagram. Entah itu makanan, tempat ataupun suasana. Hubungannya dengan Boutique Hotel apa?

Baca Juga  Mengapa Segmentasi Pasar Hotel itu Sangat Penting ?

Jadi, jenis hotel Boutique ini merupakan hotel yang memiliki jumlah kamar terbatas. Konsep eksklusif seperti hotel juga masih ada di Boutique Hotel. Bangunannya juga dilengkapi dengan desain interior yang dibuat modern dan elegan, serta tema yang berbeda-beda di setiap kamarnya.

jenis jenis hotel-boutique hotel
https://www.instagram.com/midcenturyhome/

Sangat cocok untuk kalian yang hobi untuk mengambil gambar buat dijadikan postingan di Instagram. Pelayanan yang diterapkan di Boutique Hotel juga tidak kalah baik dengan hotel pada umumnya. Tak heran, kelebihan-kelebihan tersebut membuat menginap di Boutique Hotel akan sedikit lebih mahal dibanding hotel.

Bungalow

Tidak berbeda jauh dengan Cottage, Bungalow juga memiliki konsep layaknya rumah atau pondok yang didominasi material kayu pada bangunannya. Tidak sedikit yang masih bingung membedakan antara Cottage dengan Bungalow karena memang sepintas sangatlah mirip.

jenis jenis hotel-bungalow
https://www.instagram.com/bugunnereyegidelim/

Bungalow dapat ditemui di lingkungan wisata seperti pegunungan dan memang jauh dari keramaian. Untuk yang mencari penginapan jauh dari kerumitan dunia, kalian bisa langsung mencari Bungalow yang memang memenuhi kebutuhan kalian. Acara kantor ataupun keluarga juga bisa dilakukan di Bungalow.

Villa

Jenis jenis hotel selanjutnya adalah Villa dimana pasti banyak dari kalian sudah mengenal jenis hotel satu ini. Menurut pengertian, Villa adalah penginapan yang berupa rumah dan bersifat private. Ibarat rumah, Villa juga memiliki fasilitas yang sama dengan rumah sendiri. Ada dapur, kamar mandi, persis yang ada di rumah sendiri.

jenis jenis hotel-villa
https://www.instagram.com/hendarsewavillapuncak/

Fasilitas tambahan seperti taman, kolam, teras hingga kolam renang juga tersedia di beberapa Villa. Cocok sebagai tempat kumpul keluarga besar saat berlibur di luar kota dan tentu saja sesuaikan dengan jumlah keluarga yang ikut menginap.

Villa biasanya mudah ditemukan di area-area wisata di daerah pegunungan ataupun pantai. Untuk harga memang sedikit lebih mahal dibanding kalian menyewa kamar di hotel, namun kelebihannya tentu saja kalian dapat menginap layaknya di rumah sendiri.

Guest House

Selanjutnya di artikel jenis jenis hotel adalah Guest House. Guest House merupakan sebuah penginapan layaknya hotel yang rasa menginapnya tidak seperti hotel, melainkan seperti di rumah sendiri. Tidak beda jauh dengan villa, Guest House juga memiliki fasilitas seperti kamar mandi, dapur yang memungkinkan kalian dapat beraktivitas layaknya di rumah sendiri.

jenis jenis hotel-guest house
https://www.instagram.com/rumah.jljaksaagung.tourtravel/

Bedanya dari villa adalah kalian tidak menyewa keseluruhan bangunan dengan secara pribadi, tapi tetap menyewa kamar namun memiliki fasilitas seperti rumah sendiri. Sangat cocok untuk yang memiliki kantong tipis dan ingin mendapatkan tempat menginap yang layak juga nyaman.

Resort

Jenis hotel yang satu ini akan lebih sering kalian temukan di area wisata sekitar pantai. Resort berdiri di atas ukuran tanah yang luas dan bangunannya menyerupai hotel. Bedanya adalah resort dirancang lebih mengutamakan fasilitas rekreasi untuk para tamu.

Baca Juga  Booking Mudah, Dapat Diskon Pula di Best Western Papilio Hotel Surabaya

Jadi, ketika kalian menginap di sebuah Resort, kalian akan menemukan berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap seperti kolam renang dengan banyak pilihan, spa, taman bermain yang luas hingga ada sarana untuk outbond.

jenis jenis hotel-resort
https://www.instagram.com/rangga.fragetha/

Tak hanya di pantai, kalau kalian menginap di Resort yang berada di area pegunungan, tentu fasilitas yang ditawarkan juga sedikit berbeda. Pemandangan alam yang asri, sejuk dan tenang akan menghampiri kalian saat pertama kali membuka jendela kamar.

Motel

Kalau kalian sering menonton film-film luar negeri pasti tidak akan asing dengan yang namanya motel. Motel sendiri merupakan singkatan dari Motor Hotel. Motel merupakan penginapan yang berdiri di pinggir jalan yang ada di perbatasan antar kota. Penginapan ini sangatlah cocok untuk pengendara yang memilih beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan jauh kembali.

jenis jenis hotel-motel
https://www.instagram.com/bobgreenspan/

Untuk itulah, Motel ini memiliki tempat parkir sendiri alias kamar akan langsung terhubung dengan tempat parkir. Di Indonesia sendiri, motel akan jarang ditemui, namun kedepannya bisa menjadi industri yang menguntungkan mengingat sudah terbangun tol Trans-Jawa yang sangatlah panjang menghubungkan Jakarta hingga Probolinggo.

Hostel

Hostel merupakan sebuah penginapan yang budget-oriented alias penginapan yang memang murah. Bisa menjadi akomodasi yang ramah untuk para tamu dengan bentuk tempat tidur seperti di asrama (dorm), dimana satu kamar berisi 6-8 orang, atau bahkan ada yang 20 orang dalam kamar yang besar, dengan share kamar mandi, lounge, dan kadang-kadang dapur.

jenis jenis hotel-hostel
https://www.instagram.com/nabif/

Jenis Jenis Hotel Berdasarkan Tamu yang Menginap

  • Individual Hotel, sebuah hotel yang dibangun dan disewakan untuk tamu yang datang secara individu tanpa mengajak rekan, keluarga atau grup. Yang jomblo mungkin cocok dengan hotel ini.
  • Official Hotel, hotel yang dibangun dan disewakan untuk tamu VIP seperti presiden, owner, perdana mentri ataupun perwakilan negara yang sedang berkunjunga ke sebuah tempat seperti turnamen sepak bola.
  • Family Hotel, hotel yang dibangun dan disewakan untuk keluarga. Biasanya dilengkapi dengan banyak fasilitas seperti ukuran kamar yang lebih besar, fitness center, business center hingga tempat bermain anak yang luas.
  • Traveller Hotel, hotel yang dibangun dan disewakan untuk tamu yang sedang melakukan perjalanan jauh dan ingin sekedar beristirahat. Harga yang ditawarkan biasanya lebih murah namun sesuai dengan fasilitas yang diberikan.
  • Walk in Hotel, hotel yang dibangun dengan proses check-in yang sangat mudah, hanya perlu datang dan menanyakan ketersediaan kamar. Beberapa hotel yang tamunya tidak perlu melakukan reservasi terlebih dahulu. Prosesnya orang datang ke Front Office, bertanya apakah masih ada kamar, fasilitas, kondisi, dan harga kamar. Jika tamu sepakat dengan tarif dan kondisi kamar maka tamu dapat langsung check-in. Tentu saja harganya lebih murah.
  • Businessman Hotel, hotel yang dibangun dan disewakan untuk orang yang sedang melakukan perjalanan bisnis ke suatu tempat dan ingin sekedar beristirahat. Hotel ini menyediakan berbagai macam keperluan bisnis seperti tempat meeting, wi-fi yang kencang hingga area bisnis yang menyediakan fotokopi, printer, dan sebagainya.
  • Incentive Hotel, hotel yang diperuntukkan kepada staf ataupun anggota dari suatu lembaga atau organisasi. Tentu saja ini merupakan bentuk kerja sama perusahaan agar proses bisnis yang ada bisa dilakukan dengan baik.
Baca Juga  Neo+ Waru Sidoarjo, Hotel Baru Archipelago International yang Eco Friendly

Sekian artikel pengertian hotel dan jenis jenis hotel berdasarkan referensi yang ada. Harapan dari Dailyhotels, tidak ada lagi yang bingung soal hotel seperti apa yang cocok untuk kebutuhan menginap nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + 11 =

Must Read

1
Halo,
Apa yang bisa dailyhotels.id Bantu ?
Powered by