Home News Report Business Check In Hotel Kini Pakai Pengenalan Wajah! Cek Beberapa Trend Hotel Masa...

Check In Hotel Kini Pakai Pengenalan Wajah! Cek Beberapa Trend Hotel Masa Kini

-

Seiring meningkatnya kompetisi di sektor perholetan sangat penting bagi industri perhotelan untuk mengikuti perkembangan trend terbaru terutama dalam dunia digital. Berikut trend hotel tahun 2020, yuk simak!

Internet Of Things (IoT)

Penggunaan internet menjadi hal yang sangat penting di dunia perhotelan. tidak hanya penting bagi pemilik hotel, manajer, dan pemimpin bisnis lainnya, penerapan internet juga sangat dibutuhkan untuk para tamu. IoT  sendiri merupkan adanya konektivitas internet dalam perangkat atau peralatan sehari-hari.

source : hoteltechupdate.com

Fitur Smart Hotel membantu tamu dan staff hotel untuk menghemat pemakaian energi dan mendukung pro-environment  serta inovasi berkelanjutan. Pada dasarnya, perangkat IoT menjadi objek pintar yang mampu mengirim dan menerima data serta berkomunikasi dengan perangkay lain.

IoT dapat meningkatkan pengumpulan data, meningkatkan level otomatisasi, dan memungkinkan beberapa perangkat dikendalikan atau dipantau dari satu tempat yang terpusat, melalui ponsel atau tablet. Hal inilah yang menunjang produktivitas dan mobilitas pegawai hotel.

Penggunaan IoT memungkinkan tamu mengontrol fasilitas kamar melalui smartphone, tamu mengakses informasi berbasis lokasi seperti bluetooth dan GPS.  Kartu kunci elektronik, layanan pelanggan dengan kontrol suara, dan sebagainya.

Artificial Intelligence (AI)

Sudah dengar teknologi robotik juga merambah bidang perhotelan? teknologi AI memungkinkan adanya interaksi pihak hotel dengan tamu melalui beberapa cara yang kreatif. Mulai dari chatbots sampai robot yang dirancang untuk membantu proses layanan pelanggan. Sebagian robot diprogram untuk melakukan tugas-tugas khusus dengan ketelitian yang tinggi.

source : asia.nikkei.com

Pakar dunia perhotelan memprediksi penggunaan AI dapat menjawab semua permasalahan dunia perhotelan, sebab penggunaan robot dapat mengarah pada peningkatan dalam hal kecepatan, efektivitas biaya bahkan akurasi. beberapa penerapkan teknologi robot seperti Henn-na Hotel Jepang, Petugas robot Hilton atau Connie (IBM) dan sebagainya.

Baca Juga :  Kegiatan Sosial Di 3 Tahun Swiss-Belinn Manyar Surabaya

Facial Recognition

Fitur pengenalan wajah tidak hanya digunakan pada sistem airport lho. Fitur ini juga dapat digunakan sebagai inovasi baru untuk membatu kelancaran proses check-in. Sehingga pihak hotel dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan personal.

source : newsmobile.in

Teknologi ini dapat membantu pemilik hotel dan pengguna industri perhotelan merasakan pengalaman baru dan pelayanan maksimal. Sistem keamanan yang lebih kuat akan menimbulkan rasa nyaman baik untuk pengunjung maupun staff hotel.

Teknologi ini memungkinkan untuk menghindari antrian karena tamu hotel dapat check-in otomatis dan mendapat akses untuk menikmati fasilitas yang ditawarkan. Selain itu, kemampuan untuk mengidentifikasi orang tertentu, bahkan dalam kelompok besar, dapat sangat menguntungkan. Hotel yang menerapkan facial recognition seperti Hotel Marriott China.

Finger Print Check in

Baca Juga :  Eleventh To Elevate: Java Paragon Rayakan Ulang Tahun Kesebelas Dengan Tema Film Indonesia

Idealnya Akomodasi hanya dapat diakses oleh tamu ataupun staf hotel. biasanya tamu akan diberi kunci atau kartu yang dapat digunakan untuk mengakses fasilitas hotel.

Sering hilangnya kunci atau kartu menjadi tatangan tersendiri bagi pihak pengelola hotel, sementara mekanisme ini tidak terhubung dengan sistem managerial. Jika kunci atau kartu hilang akan buat kunci atau kartu baru. Inilah yang dikhawatirkan akan membahayakan kamanan kamar.

source : jieyaa.com

Finger print hadir sebagai solusi. Finger print berfungsi memberi kemudahan dan kecepatan mobilitas tamu melalui pemindaian sidik jari, sehingga akan didapat data yang paling akurat. Melalui finger print ini pihak pengelola hotel dapat melihat seberapa sering tamu itu mengunjungi atau menggunakan fasilitas hotel.

Baca Juga :  Agoda Gold Circle Award 2016 untuk Java Paragon Hotel & Residences

Kemampuan biometrik ini sangat berguna terutama untuk member atau biasa disebut tamu VIP. Sering kali tamu dengan jadwal padat akan menggunakan hotel yang sama setiap kali ia menginap, hal ini karena akan membutuhkan waktu bagi mereka untuk mengulang kebutuhan mereka pada pihak hotel.

Virtual Reality (VR)

Ingin jalan-jalan menikamati pemandangan namun hanya dalam kamar hotel? bisa banget, kalau pihak hotel menyediakan layanan virtual reality ini!

Percampuran dunia digital dengan dunia nyata menghasilkan kesan tersendiri bagi pengunjung hotel. Pasalnya penggunaan VR menjadi daya tarik yang memikat karena realitas virtual dapat secara digital merangkul calon tamu potensial untuk singgah.

source : retail-innovation.com

Salah satu penggunaan VR yang paling umum di sektor perhotelan sejauh ini adalah penciptaan pengalaman perjalanan menggunakan teknologi video 360 derajat.

Teknologi VR memanfaatkan gambar, suara, serta sensasi fisik. Hal ini membuat pengguna dapat mengalami perjalanan virtual dari berbagai aspek, seperti tour singkat dari penerbangan, kedatangan, hingga beberapa destinasi wisata pilihan.

Tujuannya  VR ialah untuk menstimulasi tamu agar bercerita dan membagikan pengalamannya. Diramalkan virtual reality jika diterapkan untuk industri perhotelan akan menarik lebih banyak pengunjung hotel.

Tertarik menerapkan beberapa inovasi ini?

 

Baca Juga :  Shangri-la Hotel, Surabaya Peringati International Coastal Cleanup Day 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 2 =

Must Read

×

Hello!

Dengan Galuh dailyhotels.id, Ada yang bisa kami bantu ?

× Need Help ? Chat With us