Home Hospitality Ikuti Tips Berikut Agar Liburan Aman Jauh Dari Corona!

Ikuti Tips Berikut Agar Liburan Aman Jauh Dari Corona!

-

Corona virus pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada pertengahan Desember 2019, kemudian menyebar ke Hubei, China. Hingga World Health Organization (WHO) mengumumkan secara resmi nama virus corona atau Covid-19 pada 12 Februari lalu.

Penyebab dari wabah corona adalah virus jenis baru yang disebut novel coronavirus 2019 (2019-nCoV).  Virus ini termasuk golongan yang sama dengan virus penyebab wabah SARS dan MERS.

Gejala yang ditimbulkan dari seseorang yang terinfeksi virus corona (COVID-19) hampir mirip dengan gejala flu, ia akan demam, batuk, pilek, namun beberapa hari setelahnya ia akan mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru.

Penyebaran Covid-19 yang begitu cepat dan meluas, membuat pemerintah menetapkan beberapa kebijakan untuk mengurangi interaksi sosial, seperti meliburkan  sekolah, tempat wisata, fasilitas umum bahkan pekerja dianjurkan untuk bekerja di rumah.

Berikut tips dapat anda lakukan untuk menikmati liburan aman, nyaman dan jauh corona!

Hindari menyentuh wajah terutama bagian mata, hidung dan mulut

Para pakar kesehatan menyarankan agar tidak sering menyentih wajah, terutama area mata, hidung dan mulut. Area tersebut menjadi daerah rawan jalan masuk virus ke dalam tubuh manusia.

Tanpa disadari kita menyentuh wajah hingga puluhan kali sehari, Pasalnya menyentuh wajah adalah cara pikiran bawah sadar untuk memberi ketenangan dengan mengaktifkan titik-titik tekanan tertentu.

Namun, terlalu sering menyentuh wajah dapat meningkatkan risiko terinfeksi virus. Jadi buat tangan anda sibuk dengan beberapa hal seperti menulis, melipat pakaian dan sebagainya.

Gunakan Masker saat berada di luar

Penggunaan masker memang tidak menjamin anda terhindar dari virus, namun masker dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman di udara. hal ini dapat menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk Covid-19.

Perlu diperhatikan, ketika melepaskan masker dari wajah pastikan anda tidak menyentuh bagian depan masker. Bagian depan masker adalah bagian yang penuh dengan kuman yang menempel, setelah itu pastikan anda mencuci tangan dengan bersih.

Baca Juga :  Unik Hotel Corona di Dunia Berikut Jarang Orang Tau!

seing-sering mencuci tangan dengan sabun atau gunakan Hand Sanitizer sebelum dan sesudah beraktifitas.

Cuci tangan dengan air mengalir setidaknya 20 detik dapat membantu anda terhindar dari Covid-19. Pastikan seluruh bagian tangan bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan, sela-sela jari dan kuku, kemudian kering tangan.

Tak ketinggalan saat anda berada di luar ruangan, benda ajaib ini harus dibawa kemana-mana. Yups, Hand sanitizer atau antiseptik sebagai pengganti cuci tangan dengan sabun.

Namun,yang menjadi persoalan adalah harga hand sanitizer yang mahal hingga langkah dipasaran. Anda dapat membuat sendiri cairan antiseptik dengan campuran alkohol kadar 96% sekitar 833 ml, H2O2 3% sebanyak 41,7 ml dan Gliserol 98% sebanyak 14,5 ml. Campurkan semua bahan dengan air matang hingga larutan 1000 ml.

Baca Juga :  Hotel di Jakarta Selatan Murah dan Dekat dengan Apapun

Anda juga dapat membuat hand sanitizer dengan bahan alami seperti yang dianjurkan WHO, yaitu dengan 3/4 gelas gabungan aloe vera 2/3 dengan gliserin 1/3.

Hindari menyentuh fasilitas publik dengan tangan kosong

COVID-19 ditularkan melalui dahak (droplets), sehingga jika dahak tersebut menempel pada fasilitas umum dan kita tidak sengaja memindahkan virus ke tangan lalu ke wajah dan terhirup, maka akan dipastikan terinfeksi virus.

Anda dapat menggunakan bantuan benda-benda sekitas seperti bulpoint, tisu dan sebagainya untuk menekan tombol lift, membuka pintu, saat di toilet, naik kendaraan umum dan ruang publik lainnya.

Ganti Baju setelah dari ruangan publik

Covid-19 tidak termasuk jenis virus yang tidak melayang di udara, tapi menempel di benda-benda, atau virus yang ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita.

Setelah keluar dari rumah, kita tak pernah tau baju yang sedang kita gunakan terkontaminasi dengan percikan dahak melalui batuk dan bersin seseorang atau tidak.

Baca Juga :  Devisi Sales & Marketing, Ini 5 Cara Penentuan Harga Kamar Hotel

Berganti pakaian setelah dari luar rumah dan memakai pakaian yang selalu bersih akan menhindarkan diri dari sebaran virus ini. Jangan lupa untuk tidak menimbun pakaian kotor dan segera mencucinya.

 

Makan makanan sehat dan bergizi

Daya tubuh yang kuat dan sehat akan menangkal segala resiko penyebaran penyakit. banyak konsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, dan makanan yang tinggi protein serta serat  akan membantu meningkatkan daya imun.

Selain itu dianjurkan juga untuk banyak konsumsi minum air putih dan Vitamin yang membantu menjaga daya tahan tubuh. Anda dapat memberbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan stamina.

Olahraga dan istirahat yang cukup

tidak hanya menjaga pola makan sehat, olahraga dan istirahat yang cukup juga sangat berpengaruh dalam menjaga kebugaran tubuh. dengan berolahraga dapat memobilisasi sel darah putih dan meningkatkan aliran darah yang ampuh untuk menghancurkan virus atau benda asing dalam tubuh.

Pola istirahat teratur tubuh akan memiliki ritme teratur, lebih segar dan mampu melawan penyakit. Istirahat teratur juga membantu proses pemulihan atau penyembuhan tubuh dengan cepat.

Hindari kontak dengan seseorang yang berpotensi terinfeksi virus atau lakukan Sosial Distancing

 

Cara meminimalkan kontak langsung antar manusia dengan melalukan sosial distancing. Tidak dianjurkan jabat tangan, berpelukan dan bergandengan tangan, karena potensi penularan virus melalui kontak tubuh.

Lakukan sosial distancing seperti menjauhi keramaian, perkumpulan yang dihadiri banyak orang, jaga jarak dengan orang lain di tempat publik, dan kontak dengan seseorang yang mempunyai gejala seperti flu, demam, batuk.

Yang terpenting adalah tidak banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, dan segera hubungi petugas kesehatan terdekat jika ditemui gejala-gejala mirip infeksi corona.

Baca Juga :  Unik dan Keren, 5 Akomodasi di Lombok Ini Bikin Kamu Tak Rela Pulang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × five =

Must Read

×

Hello!

Dengan Galuh dailyhotels.id, Ada yang bisa kami bantu ?

× Need Help ? Chat With us