Home News Report Business Imbas Penyebaran COVID-19, PHRI Ajukan Beberapa Permohonan untuk Pemerintah

Imbas Penyebaran COVID-19, PHRI Ajukan Beberapa Permohonan untuk Pemerintah

-

Dikutip dari laporan perkembangan industri hotel & restoran oleh Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI). occupancy rate hotel seluruh Indonesia pada 1-14 maret 2020 turun hingga 50 persen.

Pengaruh penyebaran wabah virus corona atau COVID-19 diperkirakan akan menurunkan kinerja bisnis pasar hotel & restoran hingga beberapa bulan kedepan. Survei sentimen pasar hotel& restoran terhadap pengaruh wabah COVID-19, menunjukkan adanya penurunan kinerja hingga H1 2020.

Anjoknya Occupancy rate hingga 50%, Average room rate turun hingga 25% dan Total revenue hingga 50%. Hal ini menandakan sektor perhotelan dan restoran mengalami kesulitan cash flow dan kerugian yang tidak sedikit.

Penurunan tajam occupancy rate terjadi sejak dikeluarkannya Nota Dinas dari beberapa Kementerian dan Lembaga, yang menghimbau untuk tidak mengadakan rapat atau acara yang melibatkan banyak orang.

Kondisi Cash flow yang demikian membuat kemampuan hotel dan restoran untuk membayar kewajiban kepada perbankan, pajak pemerintah, retribusi, iuran BPJS ketenagakerjaan, iuran BPJS kesehatan, gaji karyawan dan biaya ulititas lainnya akan terhambat bahkan teramcam gagal bayar.

PHRI menyebutkan saat ini manajemen hotel membicarakan kemungkinan terburuk kepada karyawan untuk mengurangi biaya tenaga kerja. Untuk menyiasatinya, manajemen hotel mulai mengatur ulang jam kerja, merumahkan sebagian karyawan, menghentikan pekerja harian hingga pengurangan THR.

Beberapa permohonan relaksasi yang diajukan kepada pemerintah meliputi:

  • Relaksasi PPh pasal 21, untuk membantu likuiditas pekerja
  • Relaksasi PPh Pasal 25, untuk memberi ruang likuiditas bagi usaha
  • Penangguhan atau cuti dalam melakukan pembayaran kewajiban perbankan
  • Pembebasan pembayaran iuran BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan
Baca Juga :  Berburu Spot Foto, Ini Tempat Wisata Baru Yogyakarta 2020 yang Harus Kamu Kunjungi!
Baca Juga :  Lagi Karena Corona, Sejumlah Karyawan Hotel di Makassar Mulai dirumahkan

PHRI berharap dengan mengajukan permohonan ini, pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat mengalokasikan dana yang seharusnya untuk promosiĀ  pariwisata dan ekonomi kreatif, dapat dialihkan untuk fokus membantu usaha hotel dan restoran serta bidang pariwisata lain. Sebagai contoh memberikan disinfektan gratis dan memberi bantuan alat pengukuran suhu tubuh untuk seluruh tempat usaha pariwisata.

PHRI juga berharap agar pemerintah mampu menjaga agar tidak terjadi kenaikan harga bahan pokok, dan kelangkaan stok pasar dan fukus untuk membuat program yang mampu meringankan beban pelaku usaha hotel dan restoran. Download Laporan PHRI disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − sixteen =

Must Read

×

Hello!

Dengan Galuh dailyhotels.id, Ada yang bisa kami bantu ?

× Need Help ? Chat With us