ARTOTEL Group kembali melakukan gebrakan baru di masa pandemi ini dengan menggandeng Halodoc untuk peningkatan kesadaran dalam pencegahan transmisi COVID-19 kepada para tamu dan karyawan di jaringan hotelnya yang tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Bali, dan Medan.
Pandemi COVID-19 masih terus melanda Indonesia hingga saat ini, namun roda perekonomian, khususnya di industri perhotelan, harus terus berjalan agar terhindar dari krisis ekonomi akibat terjadinya pembatasan besar-besaran dalam beraktifitas dan interaksi sosial.
Untuk menjaga keselarasan antara roda perekonomian dengan tingkat kesehatan masyarakat, kegiatan operasional perhotelan harus dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat berdasarkan arahan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Oleh karena itu, ARTOTEL Group berinisiatif untuk berkolaborasi dengan platform digital yang bergerak di bidang kesehatan, Halodoc sebagai mitra dalam menyediakan pengarahan mengenai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di tiap properti yang dikelola oleh ARTOTEL Group. Adapun inisiatif untuk program ini terdiri dari:
- Para karyawan hotel ARTOTEL Group dibekali penyuluhan terkait protokol COVID-19 sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan dan tips kesehatan secara berkala oleh tim Halodoc melalui sesi webinar, serta pasokan informasi terkini mengenai COVID-19.
- Bagi tamu hotel yang memerlukan konsultasi dokter akan diberikan voucher konsultasi di aplikasi Halodoc sebesar Rp.25.000. Kupon ini juga dapat digunakan di booth konsultasi daring Halodoc yang ada di setiap properti ARTOTEL Group.
- Edukasi untuk menjalankan protokol kesehatan kepada para tamu di area publik dan kamar hotel melalui beberapa materi desain kreatif seperti poster, stiker, dan ragam medium baru.
Kerjasama ini akan terjalin selama 6 bulan lamanya terhitung sejak September 2020.
Erastus Radjimin, CEO ARTOTEL Group, mengatakan: “Pentingnya menggugah kesadaran masyarakat, khususnya para stakeholder dari jaringan hotel kami mengenai bahaya COVID-19 dan cara pencegahannya membuat kami mencari mitra konsultasi kesehatan yang bisa dijangkau dari setiap hotel tanpa adanya kendala jarak dan waktu.
Halodoc sebagai aplikasi penyedia akses layanan kesehatan merupakan mitra yang tepat bagi kami karena dengan teknologi yang mereka jalani, konsep protokol kesehatan dapat diterapkan dengan baik di hotel kami di mana para tamu bisa mendapatkan konsultasi kesehatan daring di kamarnya atau di booth Halodoc yang telah tersedia di tiap hotel.
Dengan penyediaan pelayanan kesehatan ini, kami dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada para tamu selama menginap di hotel-hotel yang kami kelola.”
Terkait kolaborasi pertama yang dilakukan oleh Halodoc dengan mitra di bidang hospitality ini, Dionisius Nathaniel, Chief Marketing Officer Halodoc, mengutarakan, “Dengan perkembangan pandemi COVID-19 di Indonesia saat ini, kolaborasi lintas sektor sangat penting untuk dilakukan guna membantu menekan laju penyebaran pandemi COVID-19 di tanah air.
Beragam inisiatif dengan berbagai pendekatan harus senantiasa dilakukan, salah satunya yaitu melalui sarana edukasi kreatif baru yang menarik, dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya penerapan Protokol 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) yang digalakkan oleh pemerintah.
Kerja sama dengan ARTOTEL Group juga sejalan dengan misi Halodoc dalam menyederhanakan akses layanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya para tamu ARTOTEL Group.”