ARTOTEL Group menjalin kerjasama strategis dengan FAR EAST HOSPITALITY (FEH) yang merupakan salah satu perusahaan hospitality terkemuka dari Singapura untuk mengembangkan jaringan bisnis ke kawasan Asia Tenggara.
Kerjasama strategis ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Founder & CEO ARTOTEL Group, Bapak Erastus Radjimin dan CEO FEH, Bapak Arthur Kiong Kim Hock.
Di tengah kondisi industri pariwasata Indonesia yang masih belum pulih akibat Pandemi Covid 19. Kerjasama ini menjadi terobosan baru bagi ARTOTEL Group di awal tahun 2021. ARTOTEL Group dapat mewujudkan impiannya untuk meluaskan jaringan bisnisnya ke tingkat regional Asia Tenggara.
Kerjasama strategis mencakup beberapa aspek yang ditujukan untuk pengembangan bisnis dan brand kedua perusahaan, yaitu bidang operasional dan penguatan infrastruktur.
Pengembangan ini dilakukan melalui kegiatan training bagi para karyawan dari kedua perusahaan.
Pengembangan FEH
Melalui kerjasama ini, FEH dapat menjangkau pangsa pasar Indonesia yang menjadi populasi terbesar di kawasan Asia Tenggara melalui jaringan distribusi dan ekosistem ARTOTEL Group. ARTOTEL Group akan menjadi perusahaan perwakilan FEH di Indonesia.
Sebagai perusahaan hospitality yang dinamis, FEH mengelola lebih dari 100 hotel dengan 9 hotel brand dari kelas menengah hingga mewah. Hotel brand ini berada di 8 negara di kawasan Asia Pasifik dengan total jumlah kamar 16.500.
Pendekatan yang digunakan ini mengutamakan pelanggan. Sehingga FEH mengklasikasikan brand-nya sesuai dengan profil wisatawan. Diantaranya penjelajah urban, wisatawan yang sadar kesehatan, penghubung sosial, dan wisatawan konvesional.
Pendekatan ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai kebutuhan dari wisatawan generasi baru masa kini.
FEH terus mengembangkan jaringan hotelnya, baik secara lokal maupun regional dengan target 2 properti baru. Properti ini akan dibuka pada kuartal pertama 2021 dan properti baru lainnya juga dipersiapkan tahun ini meskipun dalam kondisi pandemi.
Erastus Radjimin, Founder & CEO ARTOTEL Group mengatakan “Kerjasama ini terjalin karena adanya visi yang sama antara kami dan FEH dalam mengelola hotel-hotel butik dengan gaya hidup masa kini serta keinginan untuk saling membantu dalam pengembangan bisnis di kawasan Asia Tanggara. Kami sangat senang dapat bermitra dengan tim manajemen FEH dimana kami dapat bertukar pengalaman dan ilmu dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada para tamu. Kami pun bersedia untuk menyediakan sumber daya dan ekosistem terbesar kami di pasar domestik Indonesia untuk mendukung pengembangan jaringan bisnis FEH di Indonesia.“
Kedua perusahaan berharap kerjasama ini dapat membantu untuk melakukan pemulihan bisnis paska terjadinya Pandemi dan juga dapat mendorong pemulihan industri pariwisata di kedua negara.
Wisatawan Singapura dan Indonesia merupakan pasar utama bagi ARTOTEL Group dan FEH. Sehingga, dapat dilihat kerjasmaa ini menjadi sinergi yang kuat bagi kedua negara.
Distribusi ARTOTEL Group
ARTOTEL Group memiliki distribusi yang besar di Indonesia yang tidak dimiliki oleh FEH dan dari perspektif brand arsitektur. Tidak hanya itu saja ARTOTEL Group juga memiliki segmen khusus yang saat ini tidak dimiliki oleh FEH.
Oleh karena itu, untuk mengantisipasi “Gelembung Perjalanan” antara kedua negara. Kerjasama ini memanfaatkan kekuatan portofolio gabungan untuk menarik wisatawan baik secara domestik maupun regional.