Menginap di hotel memang menyenangkan, tapi ternyata ada banyak rahasia yang sering terlewat oleh tamu.
7 fakta unik hotel yang bikin kamu makin paham cara nikmati pengalaman menginap
1. Guling Jarang Disediakan di Hotel

Sebagian besar hotel di Indonesia mengadopsi gaya Barat yang jarang menggunakan guling sebagai perlengkapan tidur. Selain alasan budaya, faktor higienis juga jadi pertimbangan karena guling dianggap sulit untuk dibersihkan secara menyeluruh. Jadi, kalau kamu butuh guling, biasanya harus memintanya secara khusus lewat resepsionis.
Kebiasaan membawa pasangan juga membuat penggunaan guling jadi kurang umum di hotel, karena umumnya orang pakai selimut atau bantal biasa. Meski begitu, bila kamu merasa nyaman dengan guling, jangan ragu untuk tanya ke staf hotel apakah ada fasilitas ini.
2. Remote TV adalah Benda Paling Kotor di Kamar

Benda yang paling sering disentuh tapi nyaris tak pernah dibersihkan oleh staf hotel adalah remote TV. Karena bergantian digunakan oleh banyak tamu, remote bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan virus.
Sebelum kamu menggunakan remote, ada baiknya mengelapnya dulu dengan tisu basah beralkohol agar tetap higienis dan aman dipakai. Jangan sampai liburan berubah jadi sakit gara-gara remote ya!
3. Jam Dinding dan Alarm Jarang Tersedia di Kamar

Hotel biasanya menghilangkan jam dinding dan alarm untuk menjaga ketenangan tamu selama mereka menginap. Detak jarum jam atau bunyi alarm yang keras bisa mengganggu suasana istirahat yang nyaman dan membuat kualitas tidur menurun. Jadi, banyak hotel memilih untuk tidak menaruh jam di kamar demi kenyamanan.
Selain itu, pengelola hotel juga mempertimbangkan risiko jam atau alarm dibawa pulang oleh tamu tanpa sengaja. Jika kamu butuh dibangunkan pagi-pagi, kamu bisa memanfaatkan layanan yang biasanya disediakan oleh staf hotel.
4. Cuci Gelas Sebelum Digunakan

Walau tampak bersih, gelas di kamar hotel seringkali kurang diperhatikan kebersihannya saat tak digunakan lama. Gelas bisa jadi berdebu atau terkena kontaminasi ringan selama penyimpanan. Oleh karena itu, sebaiknya cuci dulu gelas sebelum kamu pakai untuk minum demi menjaga kesehatan.
Ini langkah sederhana yang sering terlewat tapi cukup penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyakit akibat kuman atau debu dari gelas yang kurang bersih.
5. Cara Mengganti Handuk dengan Mudah

Kalau kamu ingin handuk baru, jangan digantungkan kembali di gantungan kamar mandi setelah dipakai. Cara yang benar supaya staf tahu kamu butuh handuk bersih adalah dengan menjatuhkan handuk kotor langsung ke lantai.
Petugas kebersihan hotel biasanya rutin mengganti handuk yang sudah dijatuhkan di lantai supaya kebersihan tetap terjaga dan kamu tidak kerepotan meminta.
6. Sisa Makanan Diolah Jadi Hidangan Baru

Dalam hotel yang menyediakan sarapan atau makanan, biasanya makanan sisa dari hari sebelumnya tidak langsung dibuang begitu saja. Untuk menghindari pemborosan, sisa makanan itu diolah ulang menjadi hidangan baru, misalnya nasi putih dan ayam goreng dibuat menjadi nasi goreng.
Cara ini cukup umum di banyak hotel dan restoran yang menerapkan prinsip zero waste agar makanan tetap termanfaatkan secara optimal tanpa mengurangi kualitas ataupun rasa.
7. Gunakan Alas Ketika Duduk di Sofa Hotel

Sofa di kamar hotel memang terlihat nyaman, tapi karena tamu sebelumnya bisa saja duduk tanpa memakai pakaian (atau bahkan telanjang), sangat disarankan untuk memakai alas seperti handuk, selimut, atau kain saat duduk di sana. Hal ini untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan mu selama menginap.
Meski staf hotel rutin membersihkan kamar, sulit untuk memastikan bahwa sofa sudah benar-benar bersih dari kuman dan kotoran. Jadi, lebih baik aman daripada menyesal, kan?
Dengan tahu fakta dan rahasia ini, kamu bisa lebih nyaman saat menginap di hotel.
Temukan informasi menarik lainnya di dailyhotels.id