Banyak yang perlu Anda pertimbangkan jika Anda ingin menjadi manajer hotel yang sukses. Misalnya, tingkat profesionalisme tertentu sangat penting jika sebuah hotel ingin mencapai status bintang lima, belum lagi layanan luar biasa dan inovasi yang berkelanjutan. Dalam hal ini, berikut adalah beberapa langkah strategis yang dilakukan hotel bintang 5 agar tetap stand out
1. Layanan Pelanggan Harus Menjadi Fokus Utama
Para tamu adalah alasan mengapa hotel dan industri perhotelan ada. Manajemen harus lebih memperhatikan layanan pada pelanggan yang diberikan oleh Staf hotel. Staf harus diberi pelatihan untuk menjadi menyenangkan, perhatian, dan sopan setiap saat, pendengar yang aktif, dan bersedia membantu sesuai kebutuhan pelanggan.
2. Desain dan Kenyamanan
Perhatian pada detail gaya dan kenyamanan harus diberikan saat menciptakan desain yang indah untuk setiap area hotel. Investasikan pada furnitur dan fasilitas yang hebat serta layanan kelas tinggi yang dapat ditawarkan kepada tamu seperti kolam renang, spa, dan establishment.
3. Ikuti Perkembangan Zaman, Terapkan Teknologi Baru
Saat ini, orang mengenali teknologi sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Membangun dan menerapkan sistem manajemen hotel yang efektif dengan koneksi Wi-Fi gratis yang memiliki kecepatan jaringan yang kuat di hotel. Juga dengan mengembangkan aplikasi mobile untuk membantu tamu dalam melakukan pemesanan, mengakses informasi tentang hotel, dan memberikan umpan balik.
4. Membangun Reputasi yang Kuat
Reputasi adalah hal yang sangat penting dalam dunia perhotelan. Sarankan tamu Anda untuk meninggalkan ulasan di Google, Tanggapi semua ulasan baik yang positif atau negatif secara profesional. Beritahukan bahwa Anda mengerti pendapat tamu dan siap untuk bekerja ke arah meningkatkan kualitas layanan.
5. Penawaran Khusus dan Program Loyalty
Ciptakan paket spesial yang menarik, misalnya promosi akhir pekan atau diskon untuk tamu yang menginap lebih lama. Pastikan tamu Anda kembali mengunjungi hotel Anda dan terapkan program loyalti yang menguntungkan bagi tamu. Ini tidak hanya bisa meningkatkan tingkat hunian tetapi juga memenangkan pelanggan setia yang akan merekomendasikan hotel Anda kepada orang lain.
6. Mempertahankan Kebersihan dan Keamanan
Kebersihan adalah faktor nomor satu yang harus dipertimbangkan. Pastikan bahwa semua bagian hotel termasuk kamar menerima pembersihan secara menyeluruh secara berkala. Selain itu, langkah-langkah keamanan harus ditingkatkan danditerapkan agar tamu merasa lebih aman selama mereka menginap di hotel.
7. Eksplorasi Pengalaman Makan dan Minum
Hotel berkualitas tinggi mawarkan berbagai menu yang variasi dan kualitas. Jangan biarkan layanan di restoran jatuh di bawah level layanan hotel lainnya. Sangat mungkin untuk menarik tamu dengan mengundang koki terkenal atau mengorganisir acara memasak. Berikan cara makan yang menarik seperti Teppanyaki kepada Tamu Anda.
8. Penilaian Kinerja Secara Berkala
Jangan lupa untuk meninjau kinerja hotel Anda secara berkala. Lakukan perbaikan operasional dengan menggunakan data survei tamu, analisis keuangan, dan statistik okupansi. Pemantauan yang tepat dapat membantu Anda mengenali pola dan membuat keputusan yang strategis dalam mengembangkan hotel di masa depan.
Di Atas adalah strategi hotel bintang 5 agar tetap stand out. Jadi apakah kriteria di atas sudah Anda coba kembangkan di hotel milik anda?