Sejak diresmikan September 2023 lalu, Himpunan Humas Hotel (H3) Surabaya terus berupaya memperluas eksistensinya dengan mengadakan ragam aktivitas yang berbeda setiap bulannya.
Setelah sukses mengadakan workshop Public Speaking on Social Media di bulan Desember tahun lalu, kali ini H3 Surabaya menggandeng Perhumas Surabaya Raya, mengadakan special discussion dengan tema “Crisis Management”.
Mengundang Suko Widodo – Dosen UNAIR sekaligus Ketua Perhumas Surabaya Raya – didampingi Rossi Rahardjo – Dewan Pengurus Bidang Pendidikan PWI Jawa Timur, dengan dipandu oleh MC sekaligus moderator – Reimons Santoso, Marketing Communication The Southern Hotel Surabaya.
Berlangsung pada Rabu, 6 Maret 2024 berlokasi di Laviere Bar & Lounge Lantai 21 Morazen Hotel Surabaya. Sekitar 30 orang, yang kebanyakan berprofesi sebagai Markom/ PR di hotel-hotel di Surabaya, serta dari profesi Human Resource dan General Manager hotel turut meramaikan diskusi.
Berlangsung selama kurang lebih satu jam, banyak pembahasan menarik, yang rata-rata diangkat dari pengalaman pribadi kedua pembicara. Bagaimana mereka mengatasi sebuah krisis yang berlangsung di perusahaan tempat mereka bekerja, dan bagaimana media menanggapi hal tersebut, serta menggiringnya dalam dua pilihan pola pikir : Positif atau Negatif.
“Bad News is a Good News”, sebuah statement yang disampaikan Rossi Rahardjo di tengah-tengah perbincangan. Bagi jurnalis, musibah atau suatu kondisi yang buruk di suatu perusahaan, tentu sangat bisa menjadi sebuah pemberitaan yang “menarik”.
Namun, jika tidak ingin dilalap habis oleh media dalam suatu pemberitaan yang merugikan untuk reputasi sebuah perusahaan, maka Suko Widodo mengatakan. “PR yang baik harus pintar-pintar memainkan drama dan tetap tenang dalam mengatasi suatu problem. Krisis adalah hal yang wajar untuk suatu perusahaan.”
Pernyataan tersebut juga disetujui oleh Rossi Rahardjo dan menambahkan,” Oleh karena itu, betapa pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan banyak jurnalis media, baik melalui komunikasi secara formal dan kasual yang bisa dilakukan setiap saat”.
Kesuksesan acara tersebut didukung oleh beberapa barisan media besar seperti Bisnis Indonesia, What’s New Surabaya, dailyhotels.id, Female Blitz dan Harian Surabaya.com.
Pembicara juga menerima bingkisan sebagai tanda terima kasih dari Jamu Iboe, Yello Hotel Jemursari, Maxone Dharmahusada dan Lapis Tugu Surabaya.